IPS Kelas 7 Bab 2 Potensi dan Sebaran SDA Indonesia (Bagian 1)



Bab 2
Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam. Potensi kekayaan sumber daya alambtersebut sangat terkait dengan keadaan fisik alam Indonesia yang memungkinkan terbentuknya beraneka ragam sumber daya alam. Iklim dan kondisi bentuk muka bumi yang beragam memberikan kemungkinan keragaman  sumber daya alam yang ada di Indonesia. Kekayaan  sumber daya alam Indonesia pada kenyataannya tidak tersebar merata. Ada wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam, ada juga yang sebaliknya. Wilayah- wilayah yang kaya akan sumber daya alam biasanya menjadi tujuan para pendatang untuk  menetap sehingga terjadi pemusatan penduduk. Setiap wilayah memiliki kekayaan alamnya sendiri yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. Dalam keadaan demikian, terjadi pertukaran sumber daya alam antarwilayah. Dalam bab ini, kamu akan mempelajari seberapa besar potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dan penyebarannya, khususnya pada era Praaksara,  Hindu-Buddha, dan Islam. Sejumlah informasi tidak termuat dalam materi bab ini, tetapi kamu dapat menelusurinya dari berbagai sumber, baik dari buku maupun internet.


A. Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam

Perhatikan  sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Apakah sumber daya alam yang  tersedia di daerahmu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di daerahmu? Setiap hari  kita menggunakan atau mengonsumsi bahan atau barang yang berasal dari sumber daya alam. Ikan yang kita makan berasal dari sungai, kolam, danau, atau laut. Pakaian yang kita  kenakan berasal dari kain yang bahannya berasal dari tumbuhan maupun hewan. Kendaraan  yang kita naiki juga bahannya berupa logam yang merupakan hasil tambang.
Jika demikian halnya, apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sumber daya  alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya. Bahan tersebut dapat berupa benda mati maupun benda hidup yang  berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Gambar
Berikut merupakan contoh kekayaan alam di Indonesia.








              Sumber daya alam dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal berikut.
 1.  Kemungkinan pemulihannya: (a) sumber daya alam yang dapat diperbaharui  
      dan  (b)  sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui;
      2.  Materinya: (a) sumber daya alam organik dan (b) sumber daya alam 
           anorganik;
           3.  Habitatnya: (a) sumber daya terestris, dan (b) sumber daya alam akuatik.

1.  Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan
Sumber daya alam berdasarkan kemungkinan pemulihannya dapat dikelompokkan menjadi seperti berikut.

a.    Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
       Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Namun demikian, apabila pemanfaatannya tidak terkendali, sumber daya alam ini dapat habis atau punah. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui ialah berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Banyak tumbuhan dan hewan yang punah atau terancam punah karena ulah manusia merusak tempat hidupnya atau memburunya untuk berbagai keperluan. Selain itu, air dan udara juga masuk kelompok ini.
b.    Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
       Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) merupakan sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan  atau ratusan juta tahun. Oleh karena itu, jumlahnya relatif tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya nanti akan habis. Contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara, dan bahan tambang lainnya.
       Bagaimanakah caranya agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui tetap lestari? Manusia harus memanfaatkannya secara bijaksana atau tidak berlebihan. Di samping itu,  perlu dikembangkan bahan alternatif pengganti yang fungsinya sama tetapi selalu tersedia, seperti melakukan daur ulang sehingga mengurangi tingkat eksploitasinya
2.  Sumber Daya Alam Berdasarkan Materi
            Sumber daya alam dapat juga dikelompokkan berdasarkan materinya seperti berikut.
a. Sumber Daya Alam Organik
     Sumber daya alam organik (hayati) materinya atau bahannya berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organic antara lain kehutanan, pertanian, peternakan, dan perikanan.
b. Sumber Daya Alam Anorganik

     Sumber daya alam anorganik (nonhayati), materinya berupa benda mati seperti benda  padat, cair, dan gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik  di antaranya pertambangan mineral, tanah, batuan, minyak dan gas alam, dan energi.
3.  Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitat
       Sumber daya alam berdasarkan macam habitatnya dapat dibedakan menjadi seperti berikut.
a. Sumber Daya Alam Terestris
     Sumber daya alam terestris (daratan) adalah sumber daya yang berhubungan dengan tanah sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk, sebagai bahan industri (keramik,  genteng, dan lain-lain), dan segala sumber daya yang berasal dari darat.
b. Sumber Daya Alam Akuatik
            Sumber daya alam akuatik (perairan), sumber daya alam yang berhubungan dengan  

            laut,  sungai,  danau, air tanah, air hujan, dan lain-lain.

B. Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia 
     (bersambung ke bagian 2) 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Kisi-Kisi ULUM I 2013-2014 (IPS IX)

Negara Maju dan Berkembang

RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Ekonomi