RPP IPS Kelas 8 Semester 1
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 1 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk. |
Kompetensi Dasar | : | 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk |
Indikator | : | · Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia. · Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia. · Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia. · Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. · Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia. |
Alokasi Waktu | : | 6 Jam pelajaran (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Menunjukkan letak geografis Indonesia
- Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
- Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia
- Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
- Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya.
B. Materi Pembelajaran
1. Letak geografis Indonesia (posisi geografis, letak geografis).
2. Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
3. Musim di Indonesia.
4. Persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
5. Persebaran jenis tanah di Indonesia, pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Letak geografis Indonesia
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Siswa diminta untuk menyebutkan batas-batas kelas/sekolah. b. Motivasi: misalnya menanyakan mengapa letak Indonesia dikatakan strategis? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru meminta seluruh siswa memperhatikan peta. b. Siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia. c. Guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis d. Siswa dipancing untuk menyimpulkan penjelasan guru. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran c. memberikan tugas individu agar siswa menunjukkan letak geografis dan letak astronomis. | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Bagaimana cuaca hari ini? b. Motivasi: Mengapa wilayah Indonesia dibagi dalam tiga waktu? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru meminta seluruh siswa memperhatikan peta b. Siswa menunjukkan perubahan musim c. Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu d. Siswa menyimpulkan penjelasan guru e. Guru melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran c. memberikan tugas individu: Buatlah peta Pembagian waktu di Indonesia! | 10’ |
3. Pertemuan 3
Materi: Persebaran flora dan fauna dan persebaran janis tanah di Indonesia
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Guru menyampaikan bahwa setiap wilayah memiliki ciri khas. b. Motivasi: Sebutkan fauna yang ada di Sumatra? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan pembagian flora dan fauna yang ada di Indoensia b. Siswa diminta membuat suatu kesimpulan tentang pembagian flora dan fauna c. Guru menjelaskan jenis tanah dan persebarannya. d. Siswa dipancing untuk menyimpulkan penjelasan guru. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran c. memberikan tugas individu agar siswa menunjukkan jenis tanah dan manfaatnya. | 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta
2. Globe
3. Lembar Penilaian
4. Buku geografi yang relevan
F. Evaluasi Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes unjuk kerja.
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Tes identifikasi.
c. Uji petik kerja produk
3. Soal/instrumen:
Tes uraian :
(1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak geografis dan letak astronomis!
(2) Sebutkan letak geografis Indonesia!
(3) Jelaskan pengaruh posisi geografis Indonesia terhadap kehidupan di Indonesia.
(4) Apa perbedaan antara iklim dan cuaca?
(5) Mengapa wilayah Indonesia dibagi dalam tiga wilayah waktu! Sebutkan tiga wilayah tersebut!
(6) Indonesia dibagi dalam dua musim. Sebutkan bulan apa saja musim itu berlangsung!
(7) Faktor-faktor apakah yang memengaruhi flora dan fauna di Indonesia?
(8) Sebutkan pengelompokkan flora Indonesia bagian tengah!
(9) Apa yang dimaksud garis Wallacea dan garis Weber?
(10) Sebutkan jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia!
Tes identifikasi :
- Tunjukkan batas-batas garis Wallacea dan garis Weber!
Uji petik kerja produk :
- Buatlah peta pembagian waktu di wilayah Indonesia !
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk. |
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. |
Indikator | : | · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk · Mendeskripsikan arti dan ukuran angka kematian · Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian · Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya. · Menghitung angka perbandingan laki-laki dan perempuan (sex ratio) dan angka ketergantungan (dependency ratio) · Mengartikan angka usia harapan hidup · Mendiskusikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya. · Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor-faktor penyebabnya. · Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangannya. |
Alokasi Waktu | : | 8 Jam pelajaran (4 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
2. Mendeskripsikan arti dan ukuran angka kematian
3. Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian
4. Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
5. Menghitung angka perbandingan laki-laki dan perempuan (sex ratio) dan angka ketergantungan (dependency ratio)
6. Mengartikan angka usia harapan hidup
7. Mendiskusikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
8. Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor-faktor penyebabnya.
- Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangannya.
B. Materi Pembelajaran
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
2. Angka kelahiran dan angka kematian
3. Faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian
4. Piramida penduduk Indonesia.
5. Cara menghitung angka perbandingan laki-laki dan perempuan (sex ratio) dan angka ketergantungan (dependency ratio)
6. Angka usia harapan hidup
7. Dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
8. Jenis-jenis migrasi dan faktor-faktor penyebabnya.
9. Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangannya:
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Inquiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi / Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Faktor-faktor pertumbuhan penduduk, angka kelahiran dan kematian, faktor penunjang kelahiran dan kematian.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Memaparkan tentang perubahan jumlah penduduk. b. Motivasi: misalnya menanyakan ”Mengapa jumlah penduduk selalu bertambah? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi. b. Siswa dibagi dalam enam kelompok dengan tema diskusi: - faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah/pertumbuhan penduduk - menghitung angka kelahiran dan kematian - faktor penunjang kelahiran dan kematian c. Siswa mempresentasikan hasil diskusi d. Tanya jawab sekitar permasalahan diskusi | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi b. melontarkan pertanyaan sekitar materi diskusi c. memberikan tugas individu untuk menghitung angka kelahiran dan angka kematian. | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Piramida penduduk dan cara menghitung kepadatan penduduk, sex ratio, dan angka ketergantungan.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Berapa jumlah siswa laki-laki dan jumlah siswa perempuan di kelas ini? b. Motivasi: Bagaimana cara menghitung perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan materi tentang piramida penduduk b. Siswa diminta untuk menyebutkan jenis piramida penduduk di Indonesia c. Guru menjelaskan cara menghitung kepadatan penduduk, sex ratio, dan dependency ratio d. Siswa mengerjakan latihan menghitung kepadatan penduduk, sex ratio, dan dependency ratio e. Guru melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran c. memberikan tugas individu: Kunjungi kantor kelurahan di desa/kelurahan tempat tinggalmu! Buatlah piramida penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin, kemudian hitunglah sex rationya! | 10’ |
3. Pertemuan 3
Materi: Angka usia harapan hidup, ledakan penduduk, dan upaya penanggulangannya.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Guru menanyakan kira-kira berapa usia rata-rata penduduk di sekitar tempat tinggal siswa meninggal dunia? b. Motivasi: Usia berapakah kira-kira kalian meninggal dunia? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi b. Siswa dibagi dalam delapan kelompok diskusi dengan tema - angka usia harapan hidup - dampak dan upaya penanggulangan ledakan penduduk c. Presentasi hasil dikusi. d. Melakukan pengamatan dan penilaian diskusi dan presentasi. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi b. melontarkan pertanyaan sekitar materi diskusi. | 10’ |
4. Pertemuan 4
Materi: Migrasi dan faktor penyebabnya. Dampak dan penanggulangan migrasi.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Guru menanyakan adakah warga sekitar siswa yang merantau ke kota lain. b. Motivasi: Amati lingkungan kumuh di sekitarmu, atau perhatikan gambar pemukiman kumuh berikut? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi b. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi c. Siswa dibagi dalam delapan kelompok diskusi dengan tema - Migrasi dan faktor penyebabnya - dampak dan upaya penanggulangan migrasi d. Presentasi hasil dikusi. e. Melakukan pengamatan dan penilaian diskusi dan presentasi. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil hasil diskusi b. melontarkan pertanyaan sekitar materi diskusi. | 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta
2. atlas
3. Gambar yang relevan
4. Buku geografi yang relevan
F. Evaluasi Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes lisan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
3. Soal/instrumen:
Tes uraian :
(1) Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk!
(2) Apa yang dimaksud dengan fertilitas dan mortalitas?
(3) Sebutkan faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian!
(4) Jelaskan macam-macam piramida penduduk! Termasuk jenis piramida manakah penduduk Indonesia?
(5) Diketahui jumlah penduduk suatu wilayah adalah 10.000.000 jiwa. Jumlah penduduk laki-laki 4.000.000 jiwa, sedangkan jumlah penduduk perempuan 6.000.000, hitunglah sex rationya!
(6) Diketahui jumlah penduduk usia 0-14 tahun 5.000 jiwa, usia 15-64 tahun 15.000 jiwa, dan usia 65 tahun ke atas 3.000 jiwa. Hitunglah dependency rationya!
(7) Apa yang kamu ketahui tentang angka harapan hidup?
(8) Jelaskan dampak ledakan penduduk dan penanggulangannya!
(9) Sebutkan macam-macam migrasi!
(10) Apa dampak urbanisasi bagi perkotaan dan pedesaan?
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk |
Kompetensi Dasar | : | 1.3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya pembangunan berkelanjutan. |
Indikator | : | · Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya) · Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan. · Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya. · Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup. · Menafsirkan hakikat pembangunan berkelanjutann. · Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan. |
Alokasi Waktu | : | 8 Jam pelajaran (4 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya).
- Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
- Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
- Mengartikan hakikat pembangunan berkelanjutan
- Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
- Mengidentifikasi penerapan contoh pembangunan berkelanjutan.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian unsur-unsur lingkungan biotik, abiotik, dan sosial budaya.
2. Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup
3. Faktor penyebab kerusakan lingkungan.
4. Pengertian pembangunan berkelanjutan.
5. Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
6. Penerapan pembangunan berkelanjutan.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Inquiri
4. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Pengertian unsur-unsur lingkungan biotik, abiotik, dan sosial budaya.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Memaparkan tentang lingkungan sekitar. b. Motivasi: misalnya menanyakan ”Manusia termasuk unsur biotik atau sosial budaya? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi. b. Siswa dibagi dalam enam kelompok dengan tema diskusi: - Pengertian unsur biotik dan contoh-contohnya. - Pengertian unsur abiotik dan contoh-contohnya - Pengertian unsur sosial budaya dan contoh-contohnya c. Siswa mempresentasikan hasil diskusi d. Tanya jawab sekitar permasalahan diskusi | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi b. melontarkan pertanyaan sekitar materi diskusi. c. Tugas individu carilah unsur-unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu! | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Mengupas sekilas hasil diskusi sebelumnya. b. Motivasi: Unsur lingkungan manakah yang berpengaruh terhadap kelangsungan lingkungan hidup? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan materi tentang bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup b. Siswa diminta untuk menyebutkan bentuk kerusakan karena proses alam dan proses pencemaran c. Guru menjelaskan beberapa penyebab kerusakan d. Siswa menyebutkan beberapa penyebab kerusakan lainnya. e. Guru melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran. | 10’ |
3. Pertemuan 3
Materi: Pengertian, ciri-ciri, dan penerapan pembangunan berkelanjutan.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Guru memaparkan sekilas tentang pembangunan berkelanjutan. b. Motivasi: Mengapa kita harus membangun dan menjaga lingkungan hidup? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi b. Siswa dibagi dalam delapan kelompok diskusi dengan tema - Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan - Penerapan pembangunan berkelanjutan c. Presentasi hasil dikusi. d. Melakukan pengamatan dan penilaian diskusi dan presentasi. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil hasil diskusi b. melontarkan pertanyaan sekitar materi diskusi. | 10’ |
4. Pertemuan 4
- Ulangan harian I
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Gambar atau foto
2. Buku sumber yang relevan
3. Lingkungan/masyarakat setempat
F. Evaluasi Hasil Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes unjuk kerja
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Uji petik kerja produk
c. Tugas proyek
3. Soal/instrumen:
Tes uraian :
(1) Apa yang kamu ketahui maksud dari lingkungan hidup?
(2) Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur lingkungan hidup!
(3) Mengapa lingkungan hidup harus diperhatikan?
(4) Jelaskan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup!
(5) Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup!
(6) Sebutkan beberapa contoh upaya pelestarian lingkungan hidup di wilayah daratan!
(7) Sebutkan beberapa contoh upaya pelestarian lingkungan hiduo di wilayah perairan!
(8) Sebutkan beberapa usaha yang kamu lakukan dalam melestarikan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggalmu!
(9) Kebijakan pembangunan seperti apa yang tidak merusak lingkungan hidup?
(10) Apa yang kamh ketahui tentang pembangunan berkelanjutan?
Uji petik produk
- Tanamlah beberapa pohon di halaman rumahmu, kemudian buatlah laporannya secara tertulis, jika memungkinkan buat dokumentasi berupa photo!
Tugas proyek
- Amatilah hutan atau pantai di sekitar tempat tinggalmu, apakah di tempat tersebut terjadi pencemaran? Buatlah laporannya!
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami proses kebangkitan nasional. |
Kompetensi Dasar | : | 2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah. |
Indikator | : | · Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial. · Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah. · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah. · Mengidentifikasi daerah-daerah persebaran agama kristiani. |
Alokasi Waktu | : | 6 Jam pelajaran (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial.
2. Menjelaskan pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah
3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah.
- Mengidentifikasi daerah-daerah persebaran agama kristiani.
B. Materi Pembelajaran
1. Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial.
2. Pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah
3. Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah.
4. Daerah-daerah persebaran agama kristiani.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Tanya jawab
- Pengamatan
5. Simulasi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial dan pengaruhnya diberbagai daerah.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Menampilkan peta dunia. b. Motivasi: Tunjukkan negara-negara eropa yang pernah menjajah Indonesia! | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru memandu tanya jawab seputar latar belakang bangsa Barat mencari daerah baru. b. Menjelaskan awal perkembangan pengaruh barat dan terbentuknya kekuasaan kolonial. c. Menjelaskan tentang terbentuknya kekuasaan kolonial Belanda (VOC) serta pengaruhnya. d. Menjelaskan masa pemerintahan Daendels dan Raffles serta kebijakan-kebijakannya dan pengaruhnya. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. siswa melakukan refleksi dengan memberikan kesan kebijakan-kebijakan kolonial barat. | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat di berbagai daerah.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Mengingatkan kembali kebijakan pemerintah kolonial. b. Motivasi: Bagaimana reaksi rakyat Indonesia? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan materi tentang reaksi perlawanan rakyat b. Siswa dibagi dalam kelompok diskusi dengan tema: - Reaksi perlawanan fisik rakyat Indonesia - Reaksi/perlawanan organisasi sosial - Reaksi/perlawanan organisasi keagamaan c. Presentasi hasil dikusi. d. Melakukan pengamatan dan penilaian diskusi dan presentasi. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran. | 10’ |
3. Pertemuan 3
Materi: Persebaran-persebaran agama kristiani.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Menanyakan latar belakang agama kolonial Barat b. Motivasi: Di daerah mana saja persebaran agama Kristiani? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan proses persebaran agama Kristen di Indonesia b. Siswa menunjukkan beberapa daerah yang terpengaruh oleh agama kristen. c. Guru melaksanakan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi di atas. | 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta
2. Kertas karton/HVS
3. Buku Geografi/sumber yang relevan
F. Penilaian
2. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes unjuk kerja
c. Penugasan
3. Bentuk Instrumen
d. Tes uraian.
e. Uji petik kerja produk
f. Identifikasi
4. Soal/instrumen:
Tes uraian :
1) Sebutkan faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia!
2) Jelaskan beberapa kebijakan pemerintah kolonial Belanda dan penngaruhnya!
3) Sebutkan faktor pendorong reaksi dan perlawanan terhadap kolonial!
4) Jelaskan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonial!
5) Jelaskan persebaran agama kristiani di Indonesia secara singkat!
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami proses kebangkitan nasional. |
Kompetensi Dasar | : | 2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, idealis Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia. |
Indikator | : | · Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial, perkembangan pendidikan barat, dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia. · Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia. · Mendeskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan, sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia. · Mendeskripsikan peran manifakto politik 1925, konggres pemuda 1928, dan konggres perempuan I dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia. |
Alokasi | : | 8 x 40 Menit (4xpertemuan ) |
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan pengaruh pendidikan barat dan pendidikan Islam terhadap perkembangan nasionalisme Indonesia.
2. Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia.
3. Mendeskripsikan perkembangan pergerakan nasional bersifat kedaerahan.
- Mendeskripsikan peran manifakto politik dan konggres pemuda dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia..
B. Materi Pembelajaran
1. Pengaruh pendidikan barat dan pendidikan Islam terhadap perkembangan nasionalisme Indonesia..
2. Peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia.
3. Perkembangan pergerakan nasional bersifat kedaerahan..
4. Peran manifakto politik dan konggres pemuda dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Perkembangan pendidikan barat dan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Bentuk-bentuk kesadaran nasional. b. Motivasi: Adakah pesantren di sekitar tempat tinggalmu? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru meminta siswa untuk memperhatikan dan menjawab pertanyaan seputar pahlawan nasional. b. Siswa diminta menyebutkan lima pahlawan pergerakan nasional. c. Guru menjelaskan proses tebentuknya beberapa sekolah yang didirikan oleh pemerintah Belanda. d. Siswa dimintai pendapat tentang hal itu. e. Guru menyimpulkan pendapat siswa | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. siswa melakukan refleksi dengan memberikan kesan kebijakan-kebijakan pendidikan kolonial barat. | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Peran golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Menjabarkan bahwa dalam masyarakat terdapat golongan seperti pelajar dan profesional. b. Motivasi: Apa peran media massa/pers dalam masyarakat? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa surat kabar zaman kolonial Belanda. b. Guru menjelaskan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional. c. Melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran. | 10’ |
3. Pertemuan 3
Materi: Perkembangan pergerakan nasional Indonesia dari yang bersifat etnik kedaerahan, keagamaan, sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Latar belakang munculnya berbagai pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan dan keagamaan. b. Motivasi: Dapatkah kalian menyebutkan organisasi yang bersifat kedaerahan? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan organisasi atau pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan dan keagamaan b. Siswa menunjukkan beberapa organisasi yang bersifat etnik kedaerahan dan keagamaan. c. Guru melaksanakan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi di atas. | 10’ |
4. Pertemuan 4
Materi: Peran manifesto politik 1925, konggres pemuda 1928, dan kongres Perempuan I.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Latar belakang munculnya Sumpah Pemuda. b. Motivasi: Siapa yang hafal isi Sumpah Pemuda? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan organisasi atau pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan dan keagamaan b. Siswa menunjukkan beberapa organisasi yang bersifat etnik kedaerahan dan keagamaan. c. Guru melaksanakan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi di atas. | 10’ |
Sumber dan Media Pembelajaran
1. Atlas Sejarah
2. Peta Indonesia
3. Buku Sejarah/sumber yang relevan
4. Lembar kerja siswa
E. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Lisan.
b. Tes tertulis
c. Penugasan
2. Soal/instrumen:
Tes uraian :
1) Mengapa pendidikan barat berpengaruh terhadap pergerakan nasional?
2) Jelaskan pengaruh pendidikan Islam terhadap pergerakan nasional!
3) Jelaskan peranan golongan terpelajar terhadap tumbuh kembangnya kesadaran nasional Indonesia!
4) Jelaskan peranan golongan profesional terhadap tumbuh kembangnya kesadaran nasional Indonesia!
5) Jelaskan peranan pers terhadap tumbuh kembangnya kesadaran nasional Indonesia!
6) Ceritakan proses munculnya penggunaan istilah Indonesia!
7) Sebutkan beberapa organisasi yang bersifat etnik kedaerahan!
8) Sebutkan beberapa keagamaan yang muncul pada masa pergerakan!
9) Jelaskan peran Manifesto Politik 1925 terhadap pembentukan identitas nasional!
10) Jelaskan peran Kongres Pemuda 1928 terhadap pembentukan identitas nasional!
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 1 |
Standar Kompetensi | : | 3. Mengidentifikasi penyimpangan sosial. |
Kompetensi Dasar | : | 3.1 Mengidentifikasi penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV-AIDS, kenakalan remaja) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. |
Indikator | : | · Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat · Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. · Menyebutkan contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat. |
Alokasi | : | 4 x 40 Menit (2xpertemuan ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam keluarga.
2. Mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam masyarakat.
3. Mengidentifikasi bentuk bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di dalam keluarga.
4. Mengidentifikasi bentuk bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat.
5. Menyebutkan contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian penyimpangan sosial
2. Penyimpangan dalam keluarga dan masyarakat
3. Bentuk-bentuk penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.
4. Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
C. Metode
1. Diskusi
2. Observasi
3. Tanya jawab
4. Ceramah
5. Tugas
D. Strategi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Pengertian penyimpangan sosial dan penyimpangan dalam keluarga dan masyarakat.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Mengapa banyak siswa yang cenderung melakukan pelanggaran?. b. Motivasi: Pelanggaran apa yang pernah kamu lakukan? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi. Setiap kelompok terdiri atas 5 atau 6 siswa b. Siswa mendiskusikan tema-tema berikut: - pengertian-pengertian penyimpangan sosial - teori-teori penyimpangan sosial. - Penyimpangan sosial dalam keluarga - Penyimpangan sosial dalam masyarakat c. Siswa mempresentasikan hasil diskusi. d. Tanya jawab hasil diskusi. | 60’ |
3. | Penutup c. membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi d. siswa melakukan refleksi dengan memberikan kesan terhadap penyimpangan sosial. | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Bentuk dan contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam masyarakat dan keluarga.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Mengurai berbagai penyimpangan dalam masyarakat. b. Motivasi: Bisakah kalian menyebutkan contoh penyimpangan dalam keluarga atau masyarakat? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjabarkan beberapa bentuk dan contoh penyimpangan dalam keluarga dan masyarakat. b. Mendiskusikan peran keluarga dalam pembentukkan kepribadian anak. c. Melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran dan memberikan tugas. | 10’ |
E. Sumber Belajar
1. Buku pegangan siswa dan buku referensi.
2. Gambar/slide contoh-contoh penyimpangan
3. Media massa.
F. Evaluasi Hasil Belajar
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Observasi
III. Tugas Observasi :
Membuat kliping penyimpangan sosial dalam masyarkat.
Lembar Penilaian :
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH SKOR | NILAI | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | ||||||||
2 | ||||||||
3 | ||||||||
4 | ||||||||
Dst | ||||||||
Keterangan aspek yang dinilai Skor maksimum
1. Pemilihan tema 4
2. Keaktualan kliping. 5
3. Komentar terhadap isi berita. 5
4. Sistematika 3
Jumlah skor maksimum 20
Nilai = Skor perolehan : 2
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat. |
Kompetensi Dasar | : | 4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. |
Indikator | : | · Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan. · Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan sumber daya yang langka untuk berbagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan. · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam. · Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya. · Mengidentifikasi arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan. |
Alokasi | : | 6 x 40 Menit (3xpertemuan ) |
A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Mendeskripsikan kebutuhan dan macamnya.
2. Mendefinisikan alat pemenuhan kebutuhan
3. Mendeskripsikan usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan.
4. Menguraikan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
5. Mendeskripsikan pemenuhan skala prioritas dari berbagai kebutuhan manusia.
6. Mendefinisikan pengertian dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan.
7. Menyebutkan kebijakan ekonomi pemerintah kolonial Belanda di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
1. Kelangkaan sumber daya ekonomi.
2. Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan.
3. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
4. Faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
5. Memenuhi skala prioritas dari berbagai jenis kebutuhan.
6. Pengertian dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan.
C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
D. Strategi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Materi: Kelangkaan sumber daya ekonomi dan usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan.
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) a. Apersepsi: Mengapa manusia harus bekerja mencari nafkah? b. Motivasi: Mengapa ada barang yang gratis, murah, dan mahal? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi. Setiap kelompok terdiri atas 4 siswa. b. Siswa mendiskusikan tema-tema berikut: - Pengertian, faktor penyebab, dan cara mengatasi kelangkaan. - Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan sumber daya. c. Siswa mempresentasikan hasil diskusi. d. Tanya jawab hasil diskusi. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi b. siswa melakukan refleksi dengan memberikan kesan terhadap kelangkaan. | 10’ |
2. Pertemuan 2
Materi: Kebutuhan manusia tidak terbatas dan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia yang beraneka ragam
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) c. Apersepsi: Mengurai berbagai kebutuhan manusia d. Motivasi: Bisakah kalian menyebutkan semua kebutuhan manusia? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjabarkan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia beraneka ragam. b. Mendiskusikan kebutuhan manusia. c. Melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup a. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar b. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran dan memberikan tugas. | 10’ |
3. Pertemuan 3
Materi: Skala prioritas dan macam-macam alat pemuas kebutuhan
No. | Uraian Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan (Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas) e. Apersepsi: Mengurai ketidakterbatasan kebutuhan manusia dan keterbatasan alat pemuas kebutuhannya. f. Motivasi: Bagaimana kita memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas, sementara alat pemenuhannya terbatas? | 10’ |
2 | Kegiatan Inti a. Guru menjabarkan skala prioritas dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas serta keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan. b. Mendiskusikan skala prioritas dan keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan. c. Melakukan tanya jawab interaktif. | 60’ |
3. | Penutup c. membuat kesimpulan bersama-sama hasil belajar d. melontarkan pertanyaan sekitar materi pelajaran dan memberikan tugas. | 10’ |
E. Sumber Belajar
1. Buku yang relevan
2. Gambar-gambar yang relevan
F. Penilaian
1. Tes tulis
2. Tes unjuk kerja.
Soal: 1. Jelaskan tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
1. Jelaskan cara-cara bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya datang ke Indonesia!
2. Jelaskan sebab terjadinya Perang Diponegoro.
3. Jelaskan akibat Tanam paksa bagi rakyat Indoensia.
Tugas: Kumpulkan gambar tokoh-tokoh perlawanan terhadap Portugis, VOC, dan Belanda.
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Kelas / Semester | : | VIII / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat |
Kompetensi Dasar | : | 6.1. .Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. |
Indikator | : | · Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian dan non pertanian) · Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan di perkotaan · Mendeskripsikan pola pemukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai) · Mendeskripsikan persebaran pemukiman penduduk berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut. · Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran pemukiman penduduk. |
Alokasi Waktu | : | 6 X 40 menit (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk.
2. Mengaitkan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan
3. Mengidentifikasi pola pemukiman penduduk dan persebaran pemukiman penduduk di berbagai bentang lahan.
B. Materi Pembelajaran
1. Penggunaan lahan, macam-macam mata pencaharian penduduk
2. Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan
3. Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan
4. Pola pemukiman penduduk mengikuti alur sungai, jalan, dan pantai.
5. Kaitan bentang lahan dengan persebaran pemukiman penduduk.
C. Metode
1. Tanya jawab
2. Observasi/Pengamatan
3. Ceramah bervariasi
D. Strategi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Siswa menyebutkan daftar mata pencaharian penduduk (pertanian dan non pertanian) yang ia ketahui?
- Motivasi : Pemaparan bentuk-bentuk mata pencaharian.
b. Kegiatan inti
- Siswa diarahkan ke perpustakaan.
- Siswa ditugaskan untuk mencari informasi dari buku sumber yang dibaca
- Membuat kesimpulan hasil dari pengamatan
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi: Siswa mengungkapkan kembali kesimpulan pengamatannya di depan kelas.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Siswa diminta membuat denah pemukiman penduduk di sekitar tempat tinggalnya
- Motivasi : Siswa diminta saling bertukar denah pemukiman penduduk yang dibuat.
b. Kegiatan inti
- Siswa ditugaskan untuk mengamati denah pemukiman penduduk yang dibuat oleh temannya.
- Siswa diminta membuat laporan hasil pengamannya.
- Tanya jawab hasil pengamatan.
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi: Siswa dapat mengungkapkan kesan terhadap pentingnya pola pemukiman penduduk..
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Jelaskan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan!
- Motivasi : Mengamati peta tata guna lahan.
b. Kegiatan inti
- Siswa dibagi empat kelompok
- Kelompok 1 : Mengamati bentuk muka bumi
- Kelompok 2 : Mengamati tata guna lahan
- Kelompok 3 : Bentuk-bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan
- Kelompok 4 : Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.
- Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas.
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi: Siswa mengungkapkan hubungan bentuk muka bumi dengan penguanan lahan..
E. Sumber Belajar
1. Peta.
2. Kertas karton/ HVS
3. Buku yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. penugasan
2. Bentuk instrumen
a. tes uraian
b. tes pilihan ganda
c. tugas rumah.
3. Soal/Instrumen
Tes uraian
1) Sebutkan macam-macam mata pencaharian penduduk non pertanian
2) Jelaskan penggunaan lahan daerah dataran rendah!
3) Jelaskan mengapa daerah dataran rendah lebih padat penduduknya dibandingkan pegunungan
Pilihan ganda
1. Pola pemukiman penduduk di sekitar alur sungai adalah ….
a. memusat
b. memanjang
c. menyebar
d. melingkar
2. Berikut adalah alasan penduduk bermukim di suatu lokasi, kecuali ….
a. tanah subur
b. fasilitas memadai
c. tanah gambut
d. mudah dijangkau
Pekerjaan Rumah
- Buatlah pola pemukiman penduduk yang mengikuti alur sungai dan jalan di sekitar tempat tingalmu!
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 14 Cirebon |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Kelas / Semester | : | VIII / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat |
Kompetensi Dasar | : | 6.2. .Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, dan distribusi barang/jasa. |
Indikator | : | · Mendefisniskan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi · Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga. · Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang. · Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi. · Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi. · Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis. · Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi. · Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi. · Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya. · Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dan kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemetaan. · Mendefinisikan pengertian usaha, perusahaan, dan badan usaha. |
Alokasi Waktu | : | 8 X 40 menit (4 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi perbedaan antara produksi, konsumsi, dan distribusi.
2. Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.
3. Menentukan skala prioritas.
4. Menggambarkan contoh etika ekonomi.
5. Mengklasifikasi sumber daya ekonomi
6. Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi.
7. Mengidentifikasi perbedaan usaha perusahaan dan badan usaha.
8. Mengidentifikasi jenis-jenis perusahaan.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian konsumsi
2. Jenis-jenis barang konsumsi.
3. Skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan.
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang.
5. Pengertian, tujuan serta sistem distribusi beserta contohnya.
6. Mengidentifikasi usaha, perusahaan, dan badan usaha.
C. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Observasi
D. Strategi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Menanyakan apa yang dia temui selama perjalanan ke sekolah.
- Motivasi : - Memberikan pertanyaan mengenai pelajaran minggu lalu.
- Memberikan pujian bagi yang bisa menjawab dengan benar.
b. Kegiatan inti
- Mengorganisasi siswa untuk berdiskusi keompok.
- Diskusi kelas dalam rangka menjelaskan tentang konsumsi dan jenis-jenis barang yang dikonsumsi.
- Setiap kelompok memilih salah satu temannya untuk mempresentasikan di depan kelas.
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi: Siswa menyampaikan/mengungkapkan pentingnya konsumsi dan barang-barang apa saja yang jadi prioritas bagi siswa.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Siswa diberi pertanyaan tentang produksi, dan membedakan antara konsumsi dengan produksi
- Motivasi : Guru bercerita tentang pentingnya produksi dan akibat kalau tidak ada yang memproduksi barang/jasa.
b. Kegiatan inti
- Guru menerangkan pengertian produksi, jenis-jenis produksi serta usaha-usaha yang meningkatkan mutu produksi tersebut.
- Tanya jawab tentang contoh-contoh produksi yang ada di lingkungan terdekat, baik di rumahnya maupun di sekolah..
- Meminta siswa untuk observasi ke toko-toko atau pabrik-pabrik yang terdekat dengan lingkungannya.
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi: Pebugasan tentang hasil observasi untuk dilaporkan pada pertemuan berikutnya. Siswa menyimpulkan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Guru menayakan kembali hasil observasi!
- Motivasi : Sebutkan pengertian distribusi dan contohnya!
b. Kegiatan inti
- Guru menerangkan pengertian produksi, jenis-jenis produksi serta usaha-usaha yang meningkatkan mutu produksi tersebut.
- Tanya jawab guru dengan murid tentang sistem distribusi berikut memberikan contoh cara sederhana pada toko/warung yang terdekat dengan lingkungan siswa.
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan pentingnya distribusi barang dari produsen ke konsumen.
4. Pertemuan 4
- Ulangan harian (1 x pertemuan)
E. Sumber Belajar
1. Buku IPS terpadu.
2. Buku yang relevan
3. Kerta HVS/Folio
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. tes tertulis
b penugasan
2. Bentuk instrumen
a. tes uraian
b. tes pilihan ganda
c. tugas rumah.
3. Soal/Instrumen
Tes uraian
1) Etika ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi dapat dilakukan dengan cara bagaimana?
2) Ada tiga sistem distribusi, sebutkan dan jelaskan!
Pilihan ganda
1. Berikut yang bukan termasuk faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah ….
a. Penghasilan per bulan
b. Jumlah anggota keluarga
c. Pendidikan dan lingkungan
d. Keinginan untuk maju
Pekerjaan Rumah
- Sebutkan daftar konsumsi yang dibutuhkan keluargamu di rumah.
- Susunlah daftar konsumsi berdasarkan skala prioritas yang dibutuhkan siswa!
Cirebon, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
.............................................. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
Komentar
Posting Komentar