RPP IPS Kelas 8 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS VIII (semester 2)
OLEH :
Nama : DARYO SUSMANTO, S.Sos.
NIP : 19741010 200604 1 026
PEMERINTAH KOTA CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 CIREBON
JALAN SILIWANGI NO. 125 (0231) 202477 CIREBON
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan. |
Kompetensi Dasar | : | 5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Alokasi Waktu | : | 6 x 40 menit (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Menjelaskan latar belakang pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia
2. Menjelaskan latar belakang dibentuknya BPUPKI oleh pemerintah Jepang
3. Menjelaskan tujuan pembentukan BPUPKI sebagai realisasi janji Jepang
4. Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang terlibat dalam BPUPKI
5. Menjelaskan hasil sidang-sidang BPUPKI
6. Menjelaskan latar belakanng perubahan BPUPKI menjadi PPKI
7. Mengidentifikasi perbedaan antara BPUPKI dengan PPKI
8. Menjelaskan peranan PPKI dalam persiapan kemerdekaan Indonesia
B. Materi pembelajaran :
- Peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
- Proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia.
C. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4. Observasi/pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan :
- Apersepsi : guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
- Motivasi : Siswa diminta menjelaskan proses kedatangan bangsa jepang ke Indonesia
b. Kegiatan inti :
1. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok setiap kelompok 4 orang disebut kelompok asal.
2. Setiap siswa dalam kelompok asal diberi soal yang berbeda berdasarkan nomor dibawah ini.
a) Menjelaskan latar belakang pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia
b) Menjelaskan latar belakang dibentuknya BPUPKI oleh Jepang
c) Menjelaskan tujuan dibentuknya BPUPKI bagi Jepang
d) Menjelaskan tujuan dibentuknya BPUPKI bagi bangsa Indonesia
3. Setiap siswa yang memiliki nomor soal sama mengelompok ke dalam kelompok ahli untuk berdiskusi
4. Setelah selesai berdiskusi kelompok ahli kembali ke kelompok asal
5. Setiap kelompok asal mempresentasikan hasil diskusinya
c. Penutup:
- Penilaian : guru memberikan post test
- Refleksi : Siswa menjelaskan latar belakang Jepang membentuk BPUPKI
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan :
- apersepsi : guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
- motivasi : Siswa diminta menyebutkan tokoh BPUPKI yang mereka tahu.
b. Kegiatan inti
1. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
2. Guru menunjukkan gambar tokoh-tokoh BPUPKI dan gambar hasil sidang BPUPKI
3. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
4. Guru menanyakan kepada siswa alasan pemikiran mengurutkan gambar tersebut
5. Menyimpulkan
c. Penutup
- Penilaian : memberikan post test
- Refleksi : Siswa menyebutkan tokoh-tokoh BPUPKI beserta jabatannya
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
- Motivasi : Siswa diminta menyebutkan arti dari PPKI
b. Kegiatan Inti
1. Guru menginformasikan tentang pembentukan PPKI
2. Siswa dibagi dalam 4 kelompok
3. Kelompok I, II membahas latar belakang terbentuknya PPKI, kelompok III, IV membahas peranan PPKI dalam persiapan kemerdekaan
4. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi
5. Guru menyimpulkan hasil diskusi
c. Penutup
- Penilaian : Guru memberikan post test
- refleksi : Siswa mengungkapkan kesan pentingnya PPKI dalam persiapan kemerdekaan Indonesia
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS yang relevan
2. Gambar-gambar tokoh
3. Buku 30 tahun Indonesia merdeka
F. Penilaian
- teknik penilaian : test tertulis, tes lisan, kuis
- Bentuk instrumen : uraian, pilihan ganda
1. Jelaskan latar belakang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia!
2. Sebutkan hasil sidang PPKI pada 18 Agustus 1945
3. Mengapa Komite Nasional dibentuk?
4. Apa tujuan para pemuda mengamankan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok?
5. Apakah makna Proklamasi bagi bangsa Indonesia?
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan. |
Kompetensi Dasar | : | 5.2 Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia. |
Alokasi Waktu | : | 10 x 40 menit (5 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Menjelaskan perbedaan pendapat antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan RI
2. Menguraikan secara kronologis persiapan kemerdekaan Indonesia
3. Menjelaskan cara-cara menyebarkan berita tentang proklamasi kemerdekaan RI
4. Menyebutkan hasil sidang PPKI tanggal 18-19 Agustus 1945
5. Mengidentifikasi dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah
B. Materi Pembelajaran
1. Proses berakhirnya kekuasaan Belanda dan masuknya Jepang ke Indonesia.
2. Proses berakhirnya kekuasaan Jepang di Indonesia.
3. Proses persiapan kemerdekaan Indonesia.
C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan
1 Pertemuan 1
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Siswa diminta bertukar pendapat tentang hak azasi dan kebebasan
3. Motivasi : Siswa diminta untuk saling mengeluarkan pendapt dengan temannya, kemudian ditanya perlukah hak azasi dan kebebasan bagi suatu negara?
b. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
2. Semua kelompok mempelajari tentang kemerdekaan republik Indonesia, dengan rincian: kelompok I dan II membahas penyebab terjadinya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda
3. Setiap kelompok membuat hasil diskusi untuk dipresentasikan di depan kelas
4. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan dilakukan tanya jawab dengan kelompok lain
c. Penutup
Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama tentang betapa pentingnya musyawarah untuk dalam pengambilan keputusan
2 Pertemuan 2
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda
3. Motivasi : Mengemukakan pentingnya musyawarah dalam mengatasi perbedaan pendapat.
b. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan kronologis persiapan kemerdekaan Indonesia
2. Siswa diminta mengerjakan latihan soal mengenai kronologi persiapan kemerdekaan Indonesia
3. Siswa diminta untuk mengemukakan jawaban dari soal yang telah dikerjakan.
c. Penutup
* guru menyimpulkan jawaban dari soal-soal yang telah dibahas
3 Pertemuan 3
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Dialog tentang kronologis persiapan kemerdekaan Indonesia
3. Motivasi : Memperlihatkan gambar tokoh penyebar berita tentang kemerdekaan
Indonesia
b. Kegiatan Inti
1. Menginformasikan cara-cara yang dilakukan bangsa Indonesia dalam menyebarkan berita tentang kemerdekaan Indonesia
2. Siswa diarahkan ke perpustakaan untuk mendapat sumber sekitar peristiwa penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia
3. Siswa mengemukakan tentang sumber-sumber berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia
c. Penutup
1. Memberikan penguatan dari hasil kegiatan siswa
2. Memberikan tugas rumah untuk membuat kliping sekitar penyebaran berita kemerdekaan Indonesia
4 Pertemuan 4
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Siswa diminta menyebutkan cara-cara penyebaran berita tentang proklamasi
kemerdekaan Indonesia
3. Motivasi : Siswa diminta untuk menyusun kelengkapan rapat kelas untuk pembentukan pengurus kelas
b. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan hasil sidang PPKI tanggal 18, 19 dan 22 agustus 1945
2. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok: a). kelompok I membahas sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, b). kelompok II membahas sidang PPKI tanggal 19 agustus 1945, c). Kelompok III membahas sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945
c. Penutup
Penilaian dan penguatan
5 Pertemuan 5
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : siswa diminta menyebutkan hasil sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945
3. Motivasi : Siswa diminta menyebutkan contoh dari tindakan heroik/kepahlawanan
b. Kegiatan Inti
1. Siswa diarahkan untuk membaca materi pelajaran tentang dukungan spontan dan tindakan heroik yang terjadi di berbagai daerah
2. Mengidentifikasi bentuk dukungan spontan dan tindakan heroik dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia
3. Melaporkan hasil identifikasi dan mempresentasikan di depan kelas untuk ditanggapi kelompok lain.
c. Penutup
*Memberikan post tes dan penugasan
E. Sumber dan media Pembelajaran
1. Buku panduan IPS
2. Gambar/ foto tokoh kemerdekaan
3. Buku 30 tahun Indonesia Merdeka
F. Penilaian
1. Teknik penilaian : tes tertulis, penugasan
2. Bentuk instrumen : uraian, pilihan ganda
1. Mengapa Jepang menyerang Pearl Harbour di Hawai?
2. Sebutkan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang!
3. Apa yang dimaksud Gerakan 3A?
4. Sebutkan isi dari Rumusan Piagam Jakarta!
5. Sebutkan hasil sidang BPUPKI yang pertama!
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial. |
Kompetensi Dasar | : | 6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial. |
Alokasi Waktu | : | 6 x 40 menit (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial
2. Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
3. Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial
B. Materi Pembelajaran
1. Bentuk-bentuk hubungan sosial (interaksi sosial)
2. Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
3. Dampak-dampak hubungan sosial
C. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Inquiri
D. Strategi Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1. 2. 3. | Pertemuan 1
- guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa - apersepsi : siswa diminta menyebutkan nama teman akrab di kelasnya.
a. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang b. Tiap kelompok diberi 5 soal yang sama tentang pengertian interaksi sosial dan hubungan sosial. c. Setelah menerima soal, setiap kelompok mengerjakan soalnya masing-masing. d. Salah satu kelompok belajar ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi e. Salah satu anggota kelompok menjadi moderator untuk memandu jalannya presentasi dan tanggapan dari kelompok lain. f. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/ perorangan g. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
- penilaian : guru memberikan post test - refleksi : Siswa mengungkapkan pengertian interaksi Pertemuan 2
- guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa - apersepsi : siswa diminta mengapa manusia perlu melakukan interaksi atau hubungan sosial
a. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang b. Tiap kelompok diberi 5 soal yang sama tentang faktor terjadinya inetraksi sosial dan hubungan sosial, dampak dari hubungan sosial c. Setelah menerima soal, setiap kelompok mengerjakan soalnya masing-masing. d. Salah satu kelompok belajar ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi e. Salah satu anggota kelompok menjadi moderator untuk memandu jalannya presentasi dan tanggapan dari kelompok lain. f. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/ perorangan g. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
- penilaian : guru memberikan post test refleksi : Siswa mengungkapkan alas an mengapa manusia perlu berinteraksi Pertemuan 3
- guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa - apersepsi : siswa diminta apa akibat jika kita tidak punya teman.
a. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang b. Tiap kelompok diberi 5 soal yang sama tentang dampak dari hubungan sosial c. Setelah menerima soal, setiap kelompok mengerjakan soalnya masing-masing. d. Salah satu kelompok belajar ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi e. Salah satu anggota kelompok menjadi moderator untuk memandu jalannya presentasi dan tanggapan dari kelompok lain. f. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/ perorangan g. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
- penilaian : guru memberikan post test refleksi : Siswa mengungkapkan kekhawatiran akan dampak negatif dari hubungan sosial | 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ |
- Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber belajar : - buku panduan ilmu pengetahuan sosial
- lingkungan keluarga, sekolah, media massa dan masyarakat
2. Media : OHP
- Penilaian
1. Jenis tagihan : tes/nontes
2. Teknik : kuis, tes tertulis, proyek
3. Bentuk instrumen : uraian singkat, isian singkat, pertanyaan lisan, pilihan ganda
1. Jelaskan pengertian interaksi sosial!
2. Jelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial!
3. Sebutkan faktor pendorong terjadinya interaksi sosial!
4. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi!
5. Proses sosialisasi memerlukan suatu media. Sebutkan media sosialiasai tersebut!
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial. |
Kompetensi Dasar | : | 6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat. |
Alokasi Waktu | : | 6 x 40 menit (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan pengertian pranata sosial
2. Mengidentifikasi ciri-ciri pranata sosial
3. Mengidentifikasi fungsi pranata sosial
4. Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian pranata sosial
2. Ciri-ciri pranata sosial
3. Fungsi pranata sosial
4. Jenis-jenis pranata sosial
C. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Inquiri
D. Strategi Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1. 2. | Pertemuan 1a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa - Apersepsi: siswa diminta menyebutkan arti lembaga/pranata sosial b. b. Kegiatan inti a. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok b. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa c. Setiap kelompok diberikan soal yang sama tentang pengertian dan ciri-ciri pranata sosial d. Setelah menerima sosial setiap kelompok mengerjakan soal masing-masing e. Salah satu kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi f. Dengan dipandu moderator, kelompok belajar lain menanggapi jawaban kelompok belajar yang ditunjuk guru g. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/perorangan h. Bersama siswa guru membuat kesimpulan c. Penutup - penilaian: guru memberikan post test - refleksi: sisswa menyebutkan ciri-ciri pranata sosial Pertemuan 2a. Pendahuluan - guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa - apersepsi : siswa diminta menyebutkan fungsi keluarga dalam kehidupan b. Kegiatan Inti a. siswa dibagi menjadi 8 kelompok b. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa c. Setiap kelompok diberikan soal tentang peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian. d. Setelah menerima soal setiap kelompok mengerjakan soal masing-masing e. Salah satu kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil jawaban diskusi f. Dengan dipandu moderator, kelompok belajar lain menanggapi jawaban kelompok belajar yang ditunjuk oleh guru g. Guru memberikan penilaian kelompok/perorangan h. Bersama siswa guru membuat kesimpulan c. Penutup - penilaian : guru memberikan post test - refleksi : siswa menyebutkan fungsi atau peran pranata keluarga Pertemuan 3a. Pendahuluan - guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa - apersepsi : siswa diminta menyebutkan pranata selain keluarga b. Kegiatan Inti a. siswa dibagi menjadi 8 kelompok b. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa c. Setiap kelompok diberikan soal tentang jenis-jenis dan fungsi pranata sosial d. Setelah menerima soal setiap kelompok mengerjakan soal masing-masing e. Salah satu kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil jawaban diskusi f. Dengan dipandu moderator, kelompok belajar lain menanggapi jawaban kelompok belajar yang ditunjuk oleh guru g. Guru memberikan penilaian kelompok/perorangan h. Bersama siswa guru membuat kesimpulan c. Penutup - penilaian : guru memberikan post test - refleksi : siswa menyebutkan fungsi dan jenis-jenis pranata sosial | 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber belajar : - buku panduan ilmu pengetahuan sosial
- lingkungan keluarga, sekolah , media massa dan masyarakat
2. Media : OHP/LCD
F. Penilaian
1. Jenis tagihan : tes/nontes
2. Teknik : kuis, tes tertulis, proyek
3. Bentuk instrumen : uraian, isian singkat, pertanyaan lisan, pilihan ganda
4. Soal/instrumen : terlampir
1. Apa yang dimaksud pranata sosial?
2. Apa yang dimaksud extended familya?
3. Sebutkan ciri-ciri umum pranata sosial!
4. Sebutkan fungsi atau peran pranata keluarga!
5. Sebutkan fungsi pranata pendidikan menurut Bruce J. Cohen!
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial. |
Kompetensi Dasar | : | 6.2 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial. |
Alokasi Waktu | : | 6 x 40 menit (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi jenis-jenis pengendalian penyimpangan sosial
2. Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian sosial
B. Materi Pembelajaran
1. Jenis-jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif)
2. Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial
C. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Inquiri
D. Strategi Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1. | Pertemuan 1
· guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa · apersepsi : siswa diminta menceritakan jenis pengendalian sosial yang pernah dilakukan
· Guru menerangkan pengertian pengendalian sosial dan jenis-jenis pengendalian sosial · Siswa diminta untuk menerangkan kembali pengertian pengendalian sosial dan menyebutkan jenis-jenisnya. · Bersama-sama siswa, guru membuat kesimpulan c. Penutup · penilaian : guru memberikan post test · refleksi : Siswa menyebutkan jenis pengendalian sosial preventif dan represif serta peran kelembagaannya. Pertemuan 2
· guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa · apersepsi : siswa diminta menceritakan jenis pengendalian sosial yang pernah dilakukan
· Guru menerangkan sifat pengendalian sosial dan teknik-teknik pengendalian sosial · Siswa diminta untuk membuat kelompok diskusi · Siswa mempresentasikan hasil diskusi · Bersama-sama siswa, guru membuat kesimpulan c. Penutup · penilaian : guru memberikan post test refleksi : Siswa menyebutkan teknik pengendalian sosial. Pertemuan 3
· guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa · apersepsi : siswa diminta menceritakan jenis pengendalian sosial yang pernah dilakukan
· Guru menerangkan upaya pengendalian sosial · Siswa diminta untuk menerangkan kembali upaya pengendalian sosial dan menyebutkan lembaga pengendalian sosial. · Bersama-sama siswa, guru membuat kesimpulan c. Penutup · penilaian : guru memberikan post test · refleksi : Siswa menyebutkan upaya pengendalian sosial serta peran lembaga pengendalian sosial. | 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber belajar : - buku panduan ilmu pengetahuan sosial
- lingkungan keluarga, sekolah, media massa dan masyarakat
2. Media : OHP/LCD
F. Penilaian
1. Jenis tagihan : tes/nontes
2. Teknik : kuis, tes tertulis, proyek
3. Bentuk instrumen : uraian singkat, isian singkat, pertanyaan lisan, dan pilihan ganda
4. Soal/instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan pengendalian sosial?
2. Sebutkan lembaga-lembaga pengendalian sosial
3. Apa tujuan pengendalian sosial secara persuasif!
4. Sebutkan cara pengendalian sosial!
5. Apa tujuan pengendalian koersif?
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia. |
Kompetensi Dasar | : | 7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peran pemerintah dalam upaya penanggulangannya. |
Alokasi Waktu | : | 10 x 40 menit (5 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mendiskripsikan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja.
2. Mengidentifikasi beberapa permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia .
3. Mengidentifikasi dan mendiskripsikan usaha-usaha mengatasi pengangguran, baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah..
4. Mengidentifikasikan usaha – usaha meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia.
B Materi Pembelajaran
1. Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja.
2. Permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia .
3. Usaha-usaha mengatasi pengangguran .
4. Usaha - usaha meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia.
5. Peran Pemerintah dalam mengatasi permasalahan tenaga kerja .
C Metode
1. Ceramah.
2. Inquiri
3. Diskusi Jigsaw
D Strategi Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1. 2. 3. 4. 5. | Pertemuan 1 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa . - Apersepsi : Siswa diminta menyebutkan pekerjaan orang tuanya / saudaranya. b. Kegiatan inti 1) Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar. 2) Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3, dan seterusnya. 3) Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang pengertian tenaga kerja, angkatan kerja , kesempatan kerja , pengangguran, dampak pengangguran. 4) Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli, 5) untuk membahas soal sesuai dengan nomornya. 6) Kelompok ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya. 7) Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya. 8) Salah satu anggota kelompok belajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya . 9) Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator. 10) Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan. 11) Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan. c. Penutup - Penilaian : Guru memberikan pos tes. - Refleksi : Siswa mengungkapkan kekawatiran akan dampak pengangguran bagi keamanan dan ketrtiban masyarakat. Pertemuan 2 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa . - Apersepsi : Siswa diminta memberikan pandangan pengangguran. b. Kegiatan inti 1) Guru menjelaskan materi tentang usaha mengatasi pengangguran 2) Siswa diminta untuk memberikan tanggapan bagaimana cara atau usaha mengatasi pengangguran. 3) Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan. c. Penutup - Penilaian : Guru memberikan pos tes. - Refleksi : Siswa mengungkapkan usaha mengatasi pengangguran. Pertemuan 3 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa. - Apersepsi : Siswa diminta memberikan pandangan tentang kwalitas tenaga kerja Indonesia. b. Kegiatan Inti 1) Guru menjelaskan materi tentang permasalahan mutu tenaga kerja Indonesia. 2) Siswa diminta untuk menyebutkan mutu tenaga kerja di Indonesia. 3) Bersama-sama guru siswa membuat kesimpulan c. Penutuup - Penilaian dan refleksi Petemuan 4 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa. - Apersepsi : Siswa diminta memberikan pandangan cara meningkatakan kwalitas tenaga kerja Indonesia. b. Kegiatan Inti 1) Guru menjelaskan materi tentang permasalahan usaha meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia 2) Siswa diminta untuk menyebutkan upaya meningkatkan mutu tenaga kerja di Indonesia. 3) Bersama-sama guru siswa membuat kesimpulan c. Penutup Penilaian dan refleksi Petemuan 5 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa. - Apersepsi : Siswa diminta memberikan pandangan peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenaga kerjaan Indonesia. b. Kegiatan Inti 1) Guru menjelaskan materi tentang permasalahan peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenaga kerjaan Indonesia. 2) Siswa diminta untuk menyebutkan upaya meningkatkan peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenaga kerjaan Indonesia. 3) Bersama-sama guru siswa membuat kesimpulan c. Penutup Penilaian dan refleksi | 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran :
Sumber belajar : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Lingkungan tempat tinggal , Sekolah , Media massa dan masyarakat luas.
Media : gambar – gambar
F. Penilaian
Jenis tagihan : Tes / non tes.
Teknik : Kuis, tes tertulis, proyek.
Bentuk instrumen : Uraian singkat, Isian singkat, Pilihan Ganda Pertanyaan lisan, Rubrik penilaian.
Soal/instrumen : terlampir.
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia. |
Kompetensi Dasar | : | 7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia. |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit (2 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mendiskripsikan arti sistem perekonomian.
2. Mengidentifikasi dan mendiskripsikan macam – macam sistem perekonomian dunia.
3. Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan sistem ekonomi kaitalis.
4. Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan sistem ekonomi sosialis.
5. Mendiskripsikan arti sistem perekonomian Indonesia.
6. Menjelaskan ciri - ciri sistem perekonomian Indonesia.
7. Mengidentifikasi dan mendiskripsikan pelaku – pelaku kegiatan ekonomi dalam sistem perekonomian di Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
1. Sistem perekonomian dunia.
2. Sistem perekonomian Indonesia.
C. Metode
1. Ceramah.
2. Inquiri
3. Diskusi
D. Strategi Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1. 2. | Pertemuan 1 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa? - Apersepsi : Siswa diminta menjawab apakah system perekonomian semua negara di dunia ini sama? b. Kegiatan inti 1. Siswa secara berkelompok membahas tentang Sistem perekonomian dunia. 2. Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator. 3. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan. 4. Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan. c. Penutup - Penilaian : Guru memberikan pos tes. - Refleksi : Siswa mengungkapkan kebaikan – kelemahan sistem perekonomian kapitalis / sosialis. Pertemuan 2 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa ? . - Apersepsi : Siswa ditanya apakah sistem ekonomi di Indonesia sama engan sistem kapitalis / sosialis.? Kegiatan inti 1. Siswa secara berkelompok membahas tentang ciri – ciri dan pelaku sistem perekonomian 2. Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
c. Penutup - Penilaian : Guru memberikan pos tes. - Refleksi : Siswa mengungkapkan kebaikan sistem perekonomian Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain. | 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran :
1. Sumber belajar : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial, buku lain yang relevan.
- Lingkungan tempat tinggal , sekolah dan media massa .
2. Media : gambar – gambar
F. Penilaian
- Jenis tagihan : Tes / non tes.
- Teknik : Kuis, tes tertulis, proyek.
- Bentuk instrumen : Uraian singkat, Isian singkat, Pilihan Ganda Pertanyaan lisan, Rubrik penilaian.
- Soal/instrumen : terlampir.
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia. |
Kompetensi Dasar | : | 7.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional. |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit (2 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mendiskripsikan pengertian pajak dan retribusi
2. Mengidentifikasi beberapa fungsi pajak .
3. Mengidentifikasi dan mendiskripsikan 3 macam unsur pajak.
4. Mengelompokkan jenis-jenis pajak dilihat dari pihak yang memungutnya.
5. Mengelompokkan jenis-jenis pajak dilihat dari cara penarikannya/penanggungnya.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian pajak dan retribusi.
2. Fungsi pajak.
3. Unsur pajak.
4. Jenis-jenis pajak.
C. Metode :
1. Ceramah.
2. Inquiri
3. Diskusi Jigsaw
D. Strategi Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1. 2. | Pertemuan 1 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa . - Apersepsi : Siswa ditanya apakah pernah membayar pajak ? b. Kegiatan inti 1) Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar. 2) Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3 dan seterusnya. 3) Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang pengertian pajak dan retribusi, fungsi pajak, unsur –unsur pajak. 4) Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli, untuk membahas soal sesuai dengan nomornya. 5) Kelompok ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya. 6) Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya. 7) Salah satu anggota kelompok belajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya . 8) Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator. 9) Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan. 10) Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan. c. Penutup - Penilaian : Guru memberikan pos tes. - Refleksi : Siswa mengungkapkan pentingnya pajak bagi kehidupan masyarakat. Pertemuan 2 a. Pendahuluan - Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa . - Apersepsi : Siswa diminta menyebutkan jenis – jenis pajak. b. Kegiatan inti 1) Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar. 2) Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3 dan seterusnya . 3) Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang jenis – jenis pajak . 4) Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli, untuk membahas soal sesuai dengan nomornya. 5) Kelompok ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya. 6) Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya. 7) Salah satu anggota kelompokbelajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya . 8) Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator. 9) Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan. 10) Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan. c. Penutup - Penilaian : Guru memberikan pos tes. - Refleksi : Siswa menyebutkan jenis-jenis pajak yang menjadi kewajiban keluarga siswa pada umumnya. | 10’ 60’ 10’ 10’ 60’ 10’ |
E. Sumber dan Media Pembelajaran :
1. Sumber belajar : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Lingkungan tempat tinggal , Sekolah , Media massa dan masyarakat luas.
2. Media : Gambar – gambar
F. Penilaian
1. Jenis tagihan : Tes / nontes.
2. Teknik : Kuis, tes tertulis, proyek.
3. Bentuk instrumen : Uraian singkat, Isian singkat, Pilihan Ganda Pertanyaan lisan, Rubrik penilaian.
4. Soal/instrumen : terlampir.
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP | : | SMP N 1 CIREBON |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VIII / 2 |
Standar Kompetensi | : | 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia. |
Kompetensi Dasar | : | 7.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar. |
Alokasi Waktu | : | 6 x 40 menit (3 x pertemuan) |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan pengertian permintaan barang / jasa
2. Mengidentifikasi faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan barang / jasa
3. Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang / jasa tersebut.
4. Mendefinisikan Hukum Permintaan.
5. Menjelaskan tentang berlakunya hukum permintaan itu ceteris paribus
6. Mendefinisikan pengertian penawaran
7. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa.
8. Mengidentifikasi keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang di tawarkan.
9. Mendekripsikan kurve penawaran
10. Menjelaskan pengertian harga.
11. Mengidentifikasi hubungan antara permintaan , penawaran dan harga dalam sebuah tabel.
12. menggambarkan kurve harga keseimbangan , berdasarkan tabel.
B. Materi Pembelajaran
1. Permintaan
2. Penawaran
3. Harga keseimbangan
C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan
1 Pertemuan 1
a. Pendahuluan
Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Apa yang dimaksud dengan permintaan ?
3. Motivasi : Coba kamu data faktor penyebab pada saat menjelang hari raya, harga barang – barang cenderung naik.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.
2. Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3 dan seterusnya .
3. Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang pengertiaan permintaan, faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, hubungan harga dengan jumlah permintaan dan kurve permintaan.
4. Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli, untuk membahas soal sesuai dengan nomornya.
5. Kelompok ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya.
6. Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya.
7. Salah satu anggota kelompokbelajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya .
8. Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
9. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
10. Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
c. Penutup
Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama tentang pengertiaan permintaan, faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan, hubungan harga dengan jumlah permintaan dan kurve permintaan.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Mengapa pada musim panen harga barang cenderung turun.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.
2. Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3 dan seterusnya .
3. Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang pengertiaan penawaran , faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran , hubungan harga dengan jumlah penawaran dan kurve penawaran .
4. Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli, untuk membahas soal sesuai dengan nomornya.
5. Kelompok ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya.
6. Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya.
7. Salah satu anggota kelompokbelajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya .
8. Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
9. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
10. Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
c. Penutup
Guru menyimpulkan jawaban dari soal-soal yang telah dibahas pengertiaan penawaran , faktor-faktor yang mempengaruhipenawaran , hubungan harga dengan jumlah penawaran dan kurve permintaan.
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
2. Apersepsi : Siswa diminta mencoba membuat kurve harga keseimbangan.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.
2. Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok.
3. Setiap kelompok belajar diberi 3 soal yang sama, tentang hubungan permintaan, penawaran dan harga. Membuat kurve harga keseimbangan harga yang merupakan gabungan kurve permintaan dngan kurve penawaran.
4. Setiap kelompok belajar, membahas dan mengerjakan soal.
5. Salah satu anggota kelompok belajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal yang telah dikerjakan dalam kelompoknya .
6. Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
7. Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
8. Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
c. Penutup
Memberikan penguatan dari hasil kegiatan diskusi tentang harga keseimbangan.
E. Sumber dan media Pembelajaran
1. Buku panduan IPS
2. Pasar dan lingkungan tempat tinggal.
F. Penilaian
1. Teknik penilaian : tes tertulis, penugasan
2. Bentuk instrumen : uraian, pilihan ganda
Cirebon, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran,
………………………………. Daryo Susmanto, S.Sos.
NIP NIP 19741010 200604 1 026
Komentar
Posting Komentar