Kepemimpinan (LDK OSIS)



 KEPEMIMPINAN

DISAMPAIKAN    DALAM LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN
PENGURUS OSIS SMP NEGERI 1 CIREBON

 
OLEH
DARYO SUSMANTO, S.SOS



ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )
SMP NEGERI 1 CIREBON

2010/2011



PENDAHULUAN
A. Pengantar

  1. Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi manajemen tidak lain merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakkan orang lain, baik secara perseorangan maupun kelompok, di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam mencapat tujuan organisasi yang telah ditetapkan Berdasarkan rumusan pengertian kepemimpinan tersebut, memberikan makna bahwa dalam lingkup kepemimpinan mengandung banyak dimensi; tugas dan fungsi kepemimpinan , ktriteria keberhasilan, sumber, syarat yang perlu dipenuhi oleh seorang pemimpin, serta kemammpuan professional dalam mewujudkan tugas dan fungsi kewajiban.
  1. Dalam kerangka manajemen, kepemimpinan berfungsi sebagai salah satu piranti penggerak, motor atau motivator sumber daya yang ada dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam mencapai tujuan. Melalui pembinaan dan pengembangan latihan kepemimpinan diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :
    1. Mampu memahami dan menghayati tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin. Dengan memahami dan menghayati tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin diharapkan mammpu melakukan hal-hal berikut :
1)      Merumuskan atau mendefinisikan misi organisasi yang diembanya.
2)      Berusaha mewujudkan tercapainya tujuan organisasi
3)      Memelihara  keutuhan serta mengembangkan organisasi
4)      Menghindarkan atau menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi dalam organisasi.
    1. Mampu menciptakan kesadaran dan tanggung jawab orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga setiap orang yang menjadi tanggung jawabnya merasa sadar sebagai bagian dari kehidupan organisasi yang dipimpinya.
    2. Mampu menciptakan etos kerja yang tinggi sebagai pencerminan rasa ikut memiliki, malaksanakan dan mengamankan tugas dan tanggung jawabnya
    3. Mampu menimbulkan dinamika organisasi yang dipimpinya sesuai laju perkembangan , kebutuhaan dan ilmu serta teknologi.
 B. SUBTANSI
  1. Kepemimpinan OSIS pada dasarnya menyangkut dua subtansi pokok, yaitu kepemimpinan dan keosisan. Kepemimpinan  meliputi berbagai dimensi, baik secara teoritis maupun aplikasinya. Demikian pula masalah OSIS baik sebagai suatu definisi maupun sebagai organisasi, meliputi berbagai dimensi.  Dengan demikian ruang lingkup kempemimpinan OSIS Meliputi para Pembina, perwakilan, pengurus dan para siswa anggota OSIS. OSIS sebagai organisasi pada hakekatnya berperan sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan, di samping tiga jalur yang lain, yaitu  latihan kepemimpinan, ekstrakkurikuler dan jalur wawasan wiyatamandala. OSIS dalam kerangka pembinaan kesiswaan paling tidak perlu dilihat dari dua aspek, yaitu OSIS sebgaai suatu definisi dan OSIS sebagai organisasi yang berperan ganda terhadap pembinaan kesiswaan.
  2. Peran OSIS akan berhasil mewujudkan fungsinya apabila dikukung adanya kemauan dan kemampuan memimpin dai para Pembina, pengurus, perwkilan serta kesadaran dari para anggota OSIS . Oleh sebab itu  peranan kempemipinan , baik bagi para Pembina, perwakilan, pengurus maupun anggotanya, merupakan kunci penentuk keberhasilan OSIS. Kemauan dan kemampuan para pelaku kepemimpinan OSIS hanya dapat berperan dengan sebaik-baiknya apabila secara teratur, terencana dan berkelanjutan dilaksanakan pembinaan dan pengembangan bagi para pelaku kepemimpinan tersebut. Oleh sebab itu kepemimpinan dalam rangka pengelolaan OSIS mutlak diperlukan untuk :
    1. Menunjang keberhasilan peranan OSIS dalam usaha mendukung terwujudnya wawasan wiyatamandala.
    2. Membina , meningkatkan serta lebih memantapkan kempimpinan pengurus dan anggotaa OSIS , sehingga melahirkan kepemipinan OSIS yang berwibawa. Terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya organisasi siswa siswa intra sekolah dalam usaha membina kehidupan para siswa untuk mendukung tercapinya tujuan proses belajar mengajar.
  3. Subtansi kempimpinan dengan segala macam dimensi di dalamnya yang pelu ditanamkan kepada mereka, mencakup. :
    1. Makna kepemimpinan yang meliputi berbagai aspek seperti pengertian, tugas pokok dan fungsi (peran), watak dan perilaku, kriteria keberhasilan serta profil kepemimpinan OSIS  yang diharapkan. 
    2. Pengertian OSIS yang meliputi latar belakang, struktur organisasi, kekpemimpinan , keanggotaan dan segi-segi lain yang berkaitan dengan keosisan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Kisi-Kisi ULUM I 2013-2014 (IPS IX)

Negara Maju dan Berkembang

RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Ekonomi