RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1-Geografi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : VIII / 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1. memahami permasalahan
sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah
penduduk
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
kondisi fisik wilayah dan penduduk
Alokasi
Waktu : 6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
- Menunjukan letak geografis (posisi
geografis, letak geografis) Indonesia
- Menganalisis hubungan posisi geografis
dengan perubahan musim di Indonesia
- Menyajikan informasi tentang arah angin
muson di Indonesia
- Mengidentifikasi penyebab terjadinya
perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim
kemarau di wilayah Indonesia
- Menyajikan informasi persebaran flora
dan fauna tipe Asia, tipe Australia, dan kaitannya dengan pembagian wilayah
Wallance dan Weber
- Mendiskripsikan persebaran jenis tahah
dan pemanfaatannya di Indonesia
- Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Kondisi fisik wilayah indonesia
a. latak Indonesia
b. Iklim di Indonesia
c. Wilayah daratan
d. Keanekaragaman hayati
e. Persebaran jenis tanah di Indonesia
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
1
Materi : Kondisi fisik wilayah indonesia
. latak Indonesia
. Iklim di Indonesia
. Wilayah daratan
a.
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar
siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Letak geografis Indonesia sangat
strategis.
- Indonesia adalah negara kepulauan karena
jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau.
b.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru meminta
siswa untuk memperhatikan peta
-
guru menjelaskan
posisi geografis dan letak astronomis.
- Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan
waktu
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
siswa menyebutkan
letak geografis dan letak astronomi Indonesia
-
Siswa menunjukan
perubahan musim
-
siswa mengamati
peta untuk mendiskripsikan wilayah daratan di Indonesia
- Siswa menyimpulkan penjelasan guru
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
-
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 dan 3
Materi : - Keanekaragaman hayati
- Persebaran jenis tanah di Indonesia
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
- Memotivasi kelas agar siap dalam proses
pembelajaran :
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Apasaja flora dan fauna yang ada di
Sumatera?
- Sebutkan jenis tanah di Indonesia
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
Informasi flora
di Indonesia bagian barat
-
Guru menanyakan
flora di Indonesia dan dauna Indonesia
-
Guru menjelaskan
jenis tanah di Indonesia
-
Guru menanyakan
jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- Siswa membuat
rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru•
- Siswa merangkum
dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
-
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
-
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
-
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
_ Buku Pembelajaran IPS terpadu
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta pembagian wilayah waktu di
Indonesia.
_ Peta angin muson di Indonesia.
_ Peta pembagian wilayaf flora dan fauna
Indonesia.
_ Peta persebaran jenis tanah di
Indonesia.
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan letak
geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.
Ü Menganalisis hubungan
letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Mengidentifikasi
penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim
hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Ü Menyajikan informasi
persebaran flora dan fauna tipe Asia,
tipe Australia serta kaitannya dengan
pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Ü Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tugas rumah
Pilihan ganda
Tugas rumah
|
Ü Sebutkan letak astronomis wilayah
Indonesia?
Ü Jelaskan kaitan letak
geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Buatlah peta pola angin muson
di Indonesia!
Ü Contoh fauna Asiatis antara lain ….
a. kuskus dan cendrawasih
b. badak dan harimau
c. banteng dan komodo
d. anoa dan babirusa
Ü Buatlah daftar jenis tanah di
Indonesia dan pemanfaatannya.
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan
upaya penanggulangannya
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan
kematian).
• Mendesripsikan arti dan ukuran angka
kelahiran dan angka kematian.
• Mengdentifikasi faktor-faktor pendorong
dan penghambat kelahiran dan kematian.
• Membandingkan tingkat kepadatan penduduk
tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
• Mendeskripsikan kondisi penduduk
Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
• Menghitung angka perbandingan laki-laki
perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka
tersebut.
• Mengartikan angka Usia Harapan Hidup.
• Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan
penduduk dan upaya mengatasinya.
• Menyajikan informasi kependudukan dalam
bentuk peta, tabel, dan grafik.
• Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan
faktor penyebabnya.
• Menganalisis dampak positif dan negatif
migrasi serta usaha penanggulangannya
- Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Kondisi penduduk Indonesia
- Kuantitas penduduk Indonesia
- kualitas penduduk Indonesia
- Dinamika penduduk Indoneisa
- Masalah kependudukan di Indonesia
- Upaya mengatasi masalah kependudukan di Indonesia
C. Metode
Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi c. Tanya jawab
b. Inquiri
E.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
- Kuantitas penduduk
Indonesia
- kualitas penduduk Indonesia
Pendahuluan
:
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Menanyakan garis besar materi tentang kondisi penduduk Indonesia,
yang merupakan tugas membaca yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Salah satu siswa diminta menyampaikan garis besar
hasil bacaan/tugasnya.
Kegiatan
Inti :
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru membimbing
jalannya diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Diskusi tentang
faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
-
Menghitung
kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk Indonesia.
-
Membuat
macam-macam bentuk piramida penduduk.
-
Menghitung sex
ratio dan beban ketergantungan.
-
Tanya jawab
tentang usia harapan hidup.
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
-
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
-
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
-
Memberikan tugas
kepada siswa untuk menghitung dependency ratio
Pertemuan
3 dan 4
Materi : Dinamika penduduk Indonesia
- Masalah kependudukan di Indonesia Upaya mengatasi
masalah kependudukan di Indonesia
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan
mengajukan pertanyaan misalnya :
- Sudah seimbangkah sumber daya alam dan
sumber daya manusia dinegara kita?
- Apa makna penduduk?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Sumber daya manusia adalah semua potensi
yang berhubungan dengan data
kependudukan yang dimiliki suatu daerah
atau negar yang dapat digunakan untuk
memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Diskusi tentang
dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.
-
Mengamati dan
tanya jawab tentang tabel kependudukan.
-
Membuat grafik
dan peta kependudukan.
-
Tanya jawab
tentang jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
-
Diskusi tentang
dampak dan usaha penanggulangan migrasi.
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
-
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
-
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
-
Memberikan tugas
rumah untuk CDR dan ASDR
E. Sumber
Belajar
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta persebaran penduduk di Indonesia.
_ Gambar-gambar yang relevan.
_ Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan penduduk serta upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.
Ü
Mendesripsikan
angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan
penghambatnya.
Ü Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan
upaya mengatasinya.
Ü Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap
propinsi dan pulau di Indonesia
Ü Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia
berdasarkan piramida penduduknya.
Ü Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk,
faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.
Ü Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya
mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Te s tertulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
Tes Uraian
Proyek
Tes Uraian
Pilihan ganda
|
Ü Sebutkah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
penduduk alami!
Ü Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran!
Ü Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk!
Ü Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia!
Ü Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas!
Ü Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di
daerahmu setiap bulan selama satu tahun!
Ü Jelaskan dampak negatif
urbanisasi bagi daerah tujuan!
Ü Pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh selisih
angka kelahiran dan kematian disebut.....
a.
pertambahan penduduk
b.
pertumbuhan penduduk
c.
pertambahan penduduk
umum
d.
pertumbuhan penduduk
khusus
Ü Transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk
didaerah asal disebut transmigrasi....
a.
swakarya
b.
umum
c.
sektoral
d.
lokal
Ü Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat
dihitung dari komposisi penduduk menurut.....
a.
mat a pencaharian
b.
umur
c.
agama
d.
tempat tinggal
Ü Adanya daerah pemukiman kumuh merupakan dampak.....
a.
emigrasi
b.
urbanisasi
c.
transmigrasi
d.
migrasi
Ü Indikator kualitas penduduk yang paling berpengaruh
adalah....
a.
dependensi rasio
b.
angka harapan hidup
c.
komposisi penduduk
d.
kelahiran
Ü Provinsi di Indonesia yang mempunyai kepadatan tertinggi
adalah....
a.
Jawa barat
b.
Jawa tengah
c.
Jawa timur
d.
DKI -
Ü Tingkat pendapatan suatu negara merupakan faktor
penting untuk melihat kualitas penduduk dari aspek.....
a.
sosial
b.
politik
c.
budaya
d.
ekonomi
Ü Berikut ini yang tidak termasuk indikator kualitas
penduduk yang bersifat fisik adalah....
a.
pendidikan
b.
kesehatan
c.
ekonomi
d.
kerjasama
Ü Dibawah ini adalah faktor geografis yang
mempengaruhi bentuk sarana dan prasaran perhubungan, kecuali.....
a.
iklim
b.
morfologi
c.
geologi
d.
kebudayaan
Ü indikator kualitas penduduk dalam bidang pendidikan,
yaitu:
a.
besarnya buta huruf
b.
banyaknya sekolah
kejuruan
c.
banyaknya jumlah
pengangguran
d.
jumlah penduduk yang
masih sekolah
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP/NIK : 19741010 200604 1 026
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1..3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
• Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur
abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
• Menafsirkan arti penting lingkungan bagi
kehidupan
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan
lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
• Memberi contoh usaha pelestarian
lingkungan hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan sasaran
pembangunan nasional
• Menafsirkan hakekat pembangunan yang
berwawasan lingkungan
• Mengidentifikasikan ciri-ciri
pembangunan yang berwawasan lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
- Lingkungan hidup dan pelestariannya
- lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan.
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi : - lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
Pendahuluan
:
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Memberikan motivasi kepada siswa agar siap
dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Bagaimana keadaan lingkungan disekitar
kalian?
Kegiatan
Inti :
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
Menafsirkan arti
penting lingkungan bagi kehidupan
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Guru memandu
siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk
-
mengatur tempat
duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
-
Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang :
Ø lingkungan hidup
Ø Kerusakan lingkungan hidup
-
Mempresentasikan
hasil diskusi dari masing-masing kelompok
-
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
-
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
-
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan
3 dan 4
Materi :
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan
mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kegiatan apa saja yang dapat kalian
lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan
hidup?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Menceritakan hasil pembangunan yang ada
dilingkungan siswa masing-masing
Kegiatan
Inti
- Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
- Membaca buku
sumber tentang hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Diskusi tentang
usaha pelestarian lingkungan hidup.
-
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
-
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
-
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
-
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
_ Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi
unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur
biotik, sosial budaya)
Ü Menafsirkan arti
penting lingkungan bagi kehidupan.
Ü Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan
faktor penyebabnya.
Ü Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Ü Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
Ü Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan
berkelanjutan.
Ü Mengidentifikasi penerapan pembangunan
berkelanjutan.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Produk
Tes Uraian
Tes Uraian
Uraiakan
Panduan observasi.
|
Ü Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup.
Ü Jelaskan manfaat hutan bagi kehidupan!
Ü Buatlah kliping berupa gambar atau baerita dari
media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan alam yang
disebabkan oleh: alam dan manusia.
Ü Berilah contoh usaha untuk melestarikan daerah aliran
sungai!
Ü Jelaskan yang dimaksud
dengan pembangunan berkelanjutan.
Ü Sebutkan 4 ciri pembangunan berkelanjutan.
Ü Amatilah wilayah sekitar kamu dan buatlah laporan tentang
penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos.)
NIP : 19741010 200604
1 026
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan permasalahan
kependudukan dan dampaknya terhadap
pembangunan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
- Menjelaskan permasalahan penduduk Indonesia ( kualitas dan kuantitas).
- Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Permasalahan penduduk
Indonesia (kuantitas dan kualitas).
Dampak dari permasalahan penduduk
terhadap pembangunan.
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi : Permasalahan penduduk Indonesia kuantitas dan kualitas).
Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan & kerapian kelas.
2.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
-
Sebutkan jenis fauna yang hidup di Sumatra!
-
Bagaimana cara pembangunan yang mensejahterakan rakyat !
-
Bagaimana jika pembangunan menimbulkan masalah bagi
penduduk !
3. Apersepsi ;
-
sebutkan contoh fauna di Kalimantan!, cara pembangunan dan dampaknya.
b. Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Informasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
-
Melihat dampak
pembangunan daerah tempat tingggal siswa.
-
Guru menanyakan
faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, dan dampak pembangunan.
-
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
-
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- Siswa membuat rangkuman
tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
-
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
-
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
-
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
-
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
-
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
-
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
-
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
-
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
-
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
-
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
-
Refleksi, siswa menyebutkan jenis flora dan
fauna di Indonesia.
-
Tugas membuat
contoh pembangunan di daerahnya dan dampak bagi masyarakat.
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menjelaskan
permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas).
Ü Mengidentifikasi dampak permasalahan
penduduk terhadap pembangunan.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Ü Sebutkan
t iga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia.
Ü Jelaskan
pengaruh kepadatan penduduk yang
tidak merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya.
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119 198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
Bersambung ke IPS-Sejarah |
Komentar
Posting Komentar