AKIBAT PERANG DUNIA II

Akibat Perang Dunia II

 


Perang Dunia II (PD II) terjadi hampir di seluruh benua. Akhir dari PD II di wilayah Asia Pasifik ditandai dengan menyerahnya Jepang pada Sekutu pada Agustus 1945. Perang Dunia yang berlangsung antara tahun 1939 - 1945 menimbulkan akibat yang besar di bidang Politik, Ekonomi, Sosial dan Kerohanian bagi Negara - Negara di Dunia.
a. Bidang Politik  
Akibat yang muncul di bidang Politik setelah Perang Dunia ke 2 berakhir seperti berikut :
  • Amerika Serikat (U.S.A) dan Rusia (Uni Soviet) sebagai pemenang dalam Perang Dunia ke 2, tumbuh menjadi Negara Raksasa (Adikuasa).
  • Terjadinya perebutan pengaruh antara Amerika Serikat (Blok Barat) dan UniSoviet (Blok Timur) yang menimbulkan Perang Dingin.Jika keduanya berimbang terjadi keseimbangan kekuatan (Balance of Power Policy), walaupun perdamaian diliputi ketakutan.
  • Nasionalisme di Asia berkobar dan timbul negara merdeka seperti Indonesia  (17 Agustus 1945), Filipina (4 July 1946), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947) dan India merdeka Penuh (26 Januari 1950), Burma (4 Januari 1948)dan Ceylon Dominion (4 Februari 1948).
  • Munculnya Politik mencari kawan atau aliansi yang di bentuk berdasarkan kepentingan keamanan bersama, misalnya NATO (North Atlantic Trinity Organization), SEATO (South East Asia Treaty Organization), dan METO.
  • Terjadinya perpecahan berbagai negara, misalnya : 
  1. Jerman dibagi menjadi dua Negara yaitu, Jerman Barat ( Di kuasai Amerika Serikat dan Sekutunya ) dan Jerman Timur (di kuasai oleh Uni Soviet ). 
  2. Korea di bagi menjadi dua Negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara.
  3. Indo - Cina di bagi menjadi tiga negara yaitu, Laos, Kamboja, dan Indo-Cina 
  4. India di bagi menjadi dua Negara yaitu, India dan Pakistan. 
b. Bidang Ekonomi
Perang Dunia 2 menghancurkan perekonomian negara - negara di dunia kecuali Amerika Serikat. Amerika Serikat menjadi pusat kekayaan dan kreditur dari seluruh Dunia.
Untuk menanamkan pengaruhnya di Negara - Negara Eropa dan yang lain, Amerika Serikat melaksanakan program. Misalnya Truman Doctrine ( 1947 ), Marshall Plan ( 1947 ), Point Truman dan Colombo Plan. Program - program ini merupakan usaha untuk membendung berkembangnya Komunisme.

c. Bidang Sosial
Untuk membantu penduduk yang menderita akibat korban  dari Perang Dunia ke 2 PBB membentuk URRA ( United Nations Rehabilitation Administration ). Tugas URRA di antaranya sebagai berikut :
  • Memberi makan kepada orang - orang yang terlantar .
  • Mendirikan Rumah Sakit.
  • Mengurus pengungsi dan menyatukan dengan keluarganya.
  • Mengerjakan kembali tanah yang rusak.

d. Bidang Organisasi Internasional
Penderitaan yang ditimbulkan akibat dari Perang Dunia ke 2 menyadarkan manusia akan akibat buruk nya Perang. Penduduk Dunia menyadari perlunya lembaga yang dapat menjaga perdamaian Dunia setelah Liga Bangsa - Bangsa  ( LBB ) dibubarkan. Pada tanggal 24 Oktober 1945 didirikan Perserikatan Bangsa - Bangsa ( PBB ) atau United Nations Organization ( UNO ). Lembaga ini diharapkan dapat menjaga Perdamaian Dunia.
Termasuk munculnua organisasi Non Blok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Kisi-Kisi ULUM I 2013-2014 (IPS IX)

Negara Maju dan Berkembang

RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Ekonomi