IPS SPENSA CIREBON MERUPAKAN BLOG BAGI SIAPA SAJA YANG INGIN BERBAGI TENTANG IPS. BLOG INI DIKELOLA OLEH GURU SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON. SELAMAT BERBAGI ....

SMP NEGERI 1 CIREBON, JALAN SILIWANGI NO. 125 (0231) 202477 KOTA CIREBON

SMP NEGERI 1 CIREBON, JALAN SILIWANGI NO. 125 (0231) 202477 KOTA CIREBON

Minggu, 02 September 2012

RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Ekonomi


(Sambungan dari RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1- Sosiologi)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                         : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi     : 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar       : 4.1. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan
         sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Alokasi Waktu                         : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mendeskripsikan arti kebutuhan
• Mengidentifikasi penggolongan kebutuhan
• Mendeskripsikan alat pemuas kebutuhan/sumber daya
• Mengidentifikasi arti kelangkaan dalam upaya memenuhi kebutuhan
• Mengidentifikasikan hubungan kelangkaan dengan kebutuhan menusia yang tidak terbatas
• Menjelaskan penger tian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Ü  Kelangkaan sumberdaya dan skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan
Ü  Definisi kebutuhan
Ü  Penggolongan kebutuhan
Ü  Alat pemuas kebutuhan (sumber daya)
Ü  Kelangkaan
Ü  Hubungan kelangkaan dengan kebutuhan Manusia yang tidak terbatas
Ü  Skala prioritas kebutuhan

C. Metode Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi        d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                            f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü  Kelangkaan sumberdaya dan skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan
Ü  Definisi kebutuhan
Ü  Penggolongan kebutuhan
Ü  Alat pemuas kebutuhan (sumber daya)

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Apa saja yang kalian butuhkan untuk memenuhi kebutuhan
Berilah contoh alat pemuas kebutuhan yang kalian butuhkan!



Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati kebutuhan pribadi, keluarga, dan masyarakat sekitar untuk mengidentifikasikan penggolongan kebutuhan
F  Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
F  menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Guru memandu jalannya diskusi, siswa dibagi menjadi kelompok kecil (5 orang)
F  Mendiskusikan tentang pengertian dan macam-macam kebutuhan manusia dan faktori-faktor yang mentukan kebutuhan manusia
F  Mendiskusikan tentang penger tian dan macam- macam alat pemenuhan kebutuhan
F  Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F  Guru melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Tanya jawab tentang sikap terhadap perilaku penyimpangan sosial
F  maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Memberikan tugas induvidual agar siswa menuliskan barang kebutuhan sehari-hari yang
F  biasa dibeli di pasar, berikut menyebutkan harganya





Pertemuan 3
Materi :
Ü  Kelangkaan
Ü  Hubungan kelangkaan dengan kebutuhan Manusia yang tidak terbatas
Ü  Skala prioritas kebutuhan

Pendahuluan
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
Ü  Apakah semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi ?
Ü  Sebutkan barang dan jasa yang kalian pakai
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü  Manusia dalam hidupnya memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam diperlukan alat pemuas kebutuhan (sumber daya)

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi untuk mengidentifikasikan hubungan kelangkaan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
F  menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  tanyajawab arti kelangkaan dalam upaya memenuhi kebutuhan
F  Tanya jawab tentang penentuan skala
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
Ü  Buku Pembelajaran IPS terpadu
Ü  Lingkungan sekolah
Ü  Lingkungan Keluarga
Ü  Lingkunganmasyarakat
Ü  Foto/gambar /buku perpustakaan yang berhubungan dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan  arti   kelangkaan dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan



Ü  Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan

Ü  Mengidetifikasi cara memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan

Ü  Mendeskripsikan pengertian,  macam-macam, dan faktor-faktor yang menentukan kebutuhan

Ü  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam

Ü  Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya

Ü  Mengidentifikas arti dan macam-macam  alat pemenuhan kebutuhan

Tes tulis

Tes Lisan



 Tes tulis



Tes tulis



 Tes tulis



 Tes Tulis
Tes Uraian

Daftar pertanyaan


 Tes uraian



Tes uraian



 Uraian



 Uraian
Ü  Jelaskan pengertian kelangkaan

Ü  Sebutkan faktor-faktor penyebab ter jadinya kelangkaan


Ü   Apa yang harus kita lakukan dalam menggunakan  sumber daya yang langka , seperti BBM misalnya ?

Ü  Apa arti kebutuhan ? Berikan contoh kebutuhan yang kamu ketahui menurut intensitasnya

Ü  Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia bermacam ragam.

Ü  Apa pengertian skala prioritas kebutuhan  ? berikan contohnya.

Ü   Sebutkan tiga macam, alat pemenuhan kebutuhan



                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



(  Drs. TUSMAN, M.Pd  )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli  2011
Guru Mapel  IPS,



(  DARYO SUSMANTO, S.Sos.  )
NIP : 19741010 200604 1 026



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4.   Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar    : 4.2.Mendistribusikan pelakuku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Menggolongkan Pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia
• Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam perekonomian
• Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian di Indonesia
• Mengidentifikasi tentang cara pembagian SHU, pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi
• Mampu menampilkan simulasi dalam tata cara pendirian koperasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Ü  Pelaku kegiatan ekonomi
Ü  Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi
Ü  Peranan pemerintah dalam perekonomian

C. Metode Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi        d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                            f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Pelaku kegiatan ekonomi
Ü  Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi
Ü  Peranan pemerintah dalam perekonomian

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran

Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü  Berilah 2 contoh BUMN di sekitar tempat tinggalmu!
Ü  Adakah koperasi didaerahmu?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menjelaskan mengenai pelaku ekonomi
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mendiskusikan Pelaku Ekonomi
F  menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Tanya jawab mengenai peranan pemerintah dalam perekonomian
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
Ü  Buku Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü   Menggolongkan Pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia



Ü  Mengidentifikasi peranan      dan tujuan  keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan   Koperasi )

Ü  Mengidentifikasi cara mendirikan dan mengelola BUMS

Ü  Mengidentifikasi tentang pokok-pokok perkoperasian di Indonesia (pengertian,  landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber    modal, prinsip-prinsip dll. )

Ü  Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pemba-gian SHU, pembubaran dan   jenis-jenis usaha koperasi.

Ü   Menampilkan simulasi dalam tata cara pendirian koperasi


Tes tulis




Tes Lisan


Penugasan





Tes tulis


 Tes Tulis

Observasi




Tes Uraian




Daftar Pertanyaan

Tugas di rumah (PR)




Tes Uraian


 Tes Uraian

Lembar observasi

Ü  Sebutkan siapa saja pelaku ekonomi utama dalam perekonomian di Indonesia ?


Ü  Sebutkan tujuan BUMN didirikan oleh pemerintah

Ü  Apabila kamu ingin membuka    salah satu usaha atau mendirikan BUMS, apa saja yang akan kamu persiapkan untuk itu ?

Ü  Coba sebutkan sumber-sumber modal koperasi !

Ü  Bedakan jenis koperasi konsumsi dan koperasi produksi

Ü  Coba amati cara-cara mendirikan koperasi, bagaimana langkah-langkah pendiriannya ?



                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



(  Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel  IPS,



(  DARYO SUSMANTO, S.Sos.  )
NIP : 19741010 200604 1 026



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4.   Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar    : 4.3.Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat
• Mengidentifikasikan syarat-syarat terjadinya pasar
• Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing
• Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret dan pasar abstrak
• Mengidentifikasi kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi masyarakat

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Pasar
Ü  Pengertian pasar
Ü  macam-macam pasar
Ü  kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi masyarakat

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

0. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi :
Ü  Pengertian pasar
Ü  syarat-syarat terjadinya pasar
Ü  faktor-faktor penyebab meluasnya pasar

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
• Apakah kamu pernah berbelanja di pasar?
• Barang-barang apa saja yang diperjualkan dipasar?
• Dipasar tradisional bisa kita ketahui adanya penjual, pembeli dan barang dagangan

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menjelaskan mengenai pasar
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Tanya jawab tentang syarat-syarat pasar
F  tanya jawab mengenai faktor-faktor yang menyebabkan perluasan pasar
F  siswa diminta menyebutkan fungsi pasar bagi konsumen dan produsen
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

Pertemuan 3
Materi : - Macam-macam pasar dan contoh-contohnya
Ü  Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak
Ü  kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi masyarakat

Pendahuluan
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
Ü  Apakah kamu pernah mengunjungi PRJ ?
Ü  Sebutkan nama-nama pasar yang kamu ketahui ?
Ü  Apakah di Indonesia ada bursa efek, jelaskan ?
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü  Pengertian pasar.
Ü  Manfaat pasar bagi masyarakat


Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengidentifikasi kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi masyarakat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F  Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :
F  Macam-macam pasar dan contoh-contohnya
F  Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F  Memberikan tugas induvidual agar siswa mencari data dari koran/majalah/media lainnya dan mengelompokkan mana yang termasuk :
Ø  pasar konkrit
Ø  pasar abstrak
Ø  pasar harian
Ø  pasar tahunan
Ø  pasar daerah
Ø  pasar internasional

E. Sumber Belajar
Ü  Buku Pembelajaran IPS terpadu
Ü  Koperasi/ kantin sekolah
Ü  Pasar
Ü  Koran
Ü  Kegiatan di pasar bursa melalui tayangan di media cetak/ elektronik
Ü  Swalayan
Ü  PKL
Ü  Asongan

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan peranan pasar  bagi masyarakat

Ü  Mengidentifikasi  syarat-syarat terjadinya pasar

Ü  Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing


Ü  Mengidentifikasi ciri -ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya

Ü  Mendemonstrasikan /simulasi kegiatan jual beli di suatu pasar



 Tes tulis







Tes Lisan


Penugasan


Tes tulis


Observasi




Tes tulis
Tes pilihan ganda






Lembar pertanyaan

Tes Uraian


Tes Uraian


Lembar observasi



Tes Lisan



































Tes pilihan ganda



Ü  Berikut ini yang bukan fungsi pasar, adalah pasar sebagai sarana ..
 a. distribusi    
 c. promosi
 b. produksi     
d. pembentuk harga

Ü  Sebutkan 4 syarat terjadinya pasar

Ü  Sebutkan macam-macam pasar menurut waktu pelaksanaannya

Ü  Jelaskan ciri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak

Ü  Lakukan simulasi kegiatan jual beli di pasar, bandingkan bagaimana harga barang yang laku dan yang tidak laku ?

Ü  Apakah perlunya pasar bagi keluargamu ?

Ü  Apa saja yang bisa kamu saksikan/kamu lihat di pasar ?

Ü  Apa tujuan para pedagang berjualan di pasar ?

Ü  Apakah nama pasar yang terdekat dengan sekolah kita ?

Ü  Bisakah kantin sekolah disebut sebagai pasar ?

Ü  Sebelum terjadinya transaksi jual beli, biasanya penjual dan pembeli melakukan kegiatan .......



Ü  Pasar yang hanya menyediakan contoh barang yang diperdagangkan disebut pasar .........

Ü  Pedagang yang membawa dagangan seperti di bus-bus kota/di tempat tempat ramai disebut pedagang ...............

Ü  Bagi produsen pasar bisa dijadikan tempat memperkenalkan hasil produksi terutama

Ü  produk-produk merk baru, hal ini berarti pasar berfungsi .........................

Ü  Menurut barang yang diaperjualbelikan, pasar tradisional termasuk pasar .........................
Ü  Mana pengertian pasar yang paling sesuai dengan ilmu ekonomi ....
a. tempat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli
b. kesepakatan yang dibuat bersama antara penjual dan pembeli
c. bertemunya permintaan dan penawaran atas barang yang diperdagangkan
d. tempat berkumpulnya banyak orang untuk mendapatkan kebutuhan

Ü  Terjadinya pasar harus memenuhi syarat-syarat berikut, kecuali ....
a. ada penjual dan pembeli
b. terjadi transaksi jual beli
c. ada barang yang diperdagangkan
d. ada kegiatan tawar menawar

Ü  Produsen bisa menggunakan pasar untuk mengenalkan barang hasil produksi merek baru,sehingga barang tersebut dikenal oleh masyarakat luas.Pernyataan tersebut menunjukkan pasar berfungsi sebagai ....
a. sarana distribusi
b. sarana produksi
c. sarana promosi
d. pembentuk harga

Ü  Segala kebutuhan sehari-hari bisa diperoleh dipasar, hal ini berarti sesuai dengan peranan pasar bagi ....
a. pemerintah
b. produsen
c. sumber daya manusia
d. konsumen

Ü  Salah satu pernyataan berikut bukan fungsi pasar, yaitu sebagai sarana ....
a. distribusi
b. produksi
c. promosi
d. pembentuk harga

Ü  Pasar tradisional termasuk kategori pasar ....
a. konkrit
b. abstrk
c. sumber daya
d. regional

Ü  Jika kita membeliu sesuatu tidak perlu melakukan tawar menawar dengan penjual, maka kita bisa ke pasar ....
a. tradisional
b. konkrit
c. swalayan
d. abstrak

Ü  Pasar barang konsumsi menyediakan ....
a. bahan baku industri
b. alat keperluan kantor
c. barang kebutuhan sehari-hari
d. surat-surat berharga

Ü  Salah satu pasar tahunan yang ada di Indonesia antara lain ....
a. PRJ di - dan sekatenan di Yogyakarta
b. Pasar Klewer di Solo dan Pasar Turi di Surabaya
c. Pasar Pagi Manggadua dan Glodok di -
d. Pasar Swalayan dan Hipermarket di Medan

Ü  Pasar yang hanya menyediakan contoh komoditi dan penjual sertapembelinyatidak perlu bertemu, merupakan ciri dari pasar ....
a. tradisional
b. konkrit
c. swalayan
d. abstrak


                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



(  Drs. TUSMAN, M.Pd  )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli  2011
Guru Mapel  IPS,



(  DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010 200604 1 026

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More