RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Ekonomi
(Sambungan dari RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1- Sosiologi)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA
CIREBON
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi :
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar :
4.1. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan
sumber daya dengan kebutuhan manusia
yang tidak terbatas
Alokasi Waktu :
6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mendeskripsikan arti kebutuhan
• Mengidentifikasi penggolongan kebutuhan
• Mendeskripsikan alat pemuas kebutuhan/sumber daya
• Mengidentifikasi arti kelangkaan dalam upaya
memenuhi kebutuhan
• Mengidentifikasikan hubungan kelangkaan dengan
kebutuhan menusia yang tidak terbatas
• Menjelaskan penger tian skala prioritas dan
menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Ü Kelangkaan sumberdaya dan skala prioritas dalam
memenuhi kebutuhan
Ü Definisi kebutuhan
Ü Penggolongan kebutuhan
Ü Alat pemuas kebutuhan (sumber daya)
Ü Kelangkaan
Ü Hubungan kelangkaan dengan kebutuhan Manusia yang
tidak terbatas
Ü Skala prioritas kebutuhan
C. Metode
Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü Kelangkaan sumberdaya dan skala prioritas dalam
memenuhi kebutuhan
Ü Definisi kebutuhan
Ü Penggolongan kebutuhan
Ü Alat pemuas kebutuhan (sumber daya)
Pendahuluan
:
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam
mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Apa saja yang kalian butuhkan untuk
memenuhi kebutuhan
Berilah contoh alat pemuas kebutuhan yang
kalian butuhkan!
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati
kebutuhan pribadi, keluarga, dan masyarakat sekitar untuk mengidentifikasikan
penggolongan kebutuhan
F
Membaca buku
referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik
,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
F
menelaah peran
manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
Guru memandu
jalannya diskusi, siswa dibagi menjadi kelompok kecil (5 orang)
F
Mendiskusikan
tentang pengertian dan macam-macam kebutuhan manusia dan faktori-faktor yang
mentukan kebutuhan manusia
F
Mendiskusikan
tentang penger tian dan macam- macam alat pemenuhan kebutuhan
F
Mempresentasikan
hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F
Guru melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
Tanya jawab
tentang sikap terhadap perilaku penyimpangan sosial
F
maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
Memberikan tugas
induvidual agar siswa menuliskan barang kebutuhan sehari-hari yang
F
biasa dibeli di
pasar, berikut menyebutkan harganya
Pertemuan 3
Materi
:
Ü Kelangkaan
Ü Hubungan kelangkaan dengan kebutuhan Manusia yang
tidak terbatas
Ü Skala prioritas kebutuhan
Pendahuluan
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan
misalnya :
Ü Apakah semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi ?
Ü Sebutkan barang dan jasa yang kalian pakai
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü Manusia dalam hidupnya memiliki kebutuhan yang harus
dipenuhi. Dalam memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam diperlukan alat pemuas
kebutuhan (sumber daya)
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca referensi
untuk mengidentifikasikan hubungan kelangkaan dengan kebutuhan manusia yang
tidak terbatas
F
menelaah peran
manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
tanyajawab arti
kelangkaan dalam upaya memenuhi kebutuhan
F
Tanya jawab
tentang penentuan skala
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai
sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
Ü Buku Pembelajaran IPS terpadu
Ü Lingkungan sekolah
Ü Lingkungan Keluarga
Ü Lingkunganmasyarakat
Ü Foto/gambar /buku perpustakaan yang berhubungan dengan
sumber daya alam dan sumber daya manusia
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendeskripsikan arti
kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya
kelangkaan
Ü Mengidentifikasi
usaha-usaha manusia dalam mengatasi
kelangkaan
Ü Mengidetifikasi cara memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi
kebutuhan
Ü Mendeskripsikan
pengertian, macam-macam, dan faktor-faktor yang menentukan kebutuhan
Ü Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
Ü Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun
skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya
Ü Mengidentifikas arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan
|
Tes
tulis
Tes
Lisan
Tes tulis
Tes
tulis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Tes
Uraian
Daftar
pertanyaan
Tes uraian
Tes
uraian
Uraian
Uraian
|
Ü Jelaskan pengertian kelangkaan
Ü Sebutkan faktor-faktor penyebab ter jadinya kelangkaan
Ü Apa yang harus kita lakukan dalam menggunakan sumber daya yang langka , seperti BBM
misalnya ?
Ü Apa arti kebutuhan ? Berikan contoh kebutuhan yang kamu ketahui
menurut intensitasnya
Ü Sebutkan faktor-faktor
yang menyebabkan kebutuhan manusia bermacam
ragam.
Ü Apa pengertian skala prioritas kebutuhan ? berikan contohnya.
Ü Sebutkan tiga macam, alat
pemenuhan kebutuhan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli
2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan
ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 4.2.Mendistribusikan pelakuku ekonomi : rumah tangga,
masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Menggolongkan Pelaku ekonomi utama dalam
perekonomian Indonesia
• Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam
perekonomian
• Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian di
Indonesia
• Mengidentifikasi tentang cara pembagian SHU,
pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi
• Mampu menampilkan simulasi dalam tata cara pendirian
koperasi
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Ü Pelaku kegiatan ekonomi
Ü Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi
Ü Peranan pemerintah dalam perekonomian
C. Metode
Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi d.
Tanya jawab
b. Diskusi e.
Simulasi
c. Inquiri f.
Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Pelaku kegiatan ekonomi
Ü Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi
Ü Peranan pemerintah dalam perekonomian
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam
mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü Berilah 2 contoh BUMN di sekitar tempat tinggalmu!
Ü Adakah koperasi didaerahmu?
Kegiatan Inti
:
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan
mengenai pelaku ekonomi
F
Guru memandu
siswa untuk mengkaji referensi dan mendiskusikan Pelaku Ekonomi
F
menelaah peran
manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
Tanya jawab
mengenai peranan pemerintah dalam perekonomian
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber
Belajar
Ü Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menggolongkan Pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia
Ü Mengidentifikasi
peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi )
Ü Mengidentifikasi cara mendirikan dan
mengelola BUMS
Ü Mengidentifikasi tentang pokok-pokok
perkoperasian di Indonesia (pengertian,
landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal, prinsip-prinsip dll. )
Ü Mengidentifikasi
tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pemba-gian SHU, pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi.
Ü
Menampilkan simulasi dalam tata cara
pendirian koperasi
|
Tes tulis
Tes Lisan
Penugasan
Tes tulis
Tes Tulis
Observasi
|
Tes Uraian
Daftar Pertanyaan
Tugas di rumah (PR)
Tes Uraian
Tes Uraian
Lembar observasi
|
Ü
Sebutkan siapa saja pelaku ekonomi utama dalam perekonomian di
Indonesia ?
Ü
Sebutkan tujuan
BUMN didirikan oleh pemerintah
Ü
Apabila kamu
ingin membuka salah satu usaha atau mendirikan BUMS, apa saja yang akan kamu
persiapkan untuk itu ?
Ü Coba sebutkan sumber-sumber modal koperasi !
Ü Bedakan jenis koperasi konsumsi dan koperasi produksi
Ü Coba amati cara-cara mendirikan koperasi, bagaimana langkah-langkah
pendiriannya ?
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan
ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 4.3.Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
• Menjelaskan pengertian, fungsi, dan
peranan pasar bagi masyarakat
• Mengidentifikasikan syarat-syarat
terjadinya pasar
• Mengklasifikasi macam-macam pasar
beserta contohnya masing-masing
• Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret
dan pasar abstrak
• Mengidentifikasi kegunaan pasar kongkret
bagi kegiatan ekonomi masyarakat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Pasar
Ü Pengertian pasar
Ü macam-macam pasar
Ü kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi
masyarakat
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
0.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi
:
Ü Pengertian pasar
Ü syarat-syarat terjadinya pasar
Ü faktor-faktor penyebab meluasnya pasar
Pendahuluan
:
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam
mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
• Apakah kamu pernah berbelanja di pasar?
• Barang-barang apa saja yang diperjualkan
dipasar?
• Dipasar tradisional bisa kita ketahui
adanya penjual, pembeli dan barang dagangan
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan
mengenai pasar
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
Tanya jawab
tentang syarat-syarat pasar
F
tanya jawab
mengenai faktor-faktor yang menyebabkan perluasan pasar
F
siswa diminta
menyebutkan fungsi pasar bagi konsumen dan produsen
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan 3
Materi : - Macam-macam pasar dan
contoh-contohnya
Ü Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak
Ü kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi
masyarakat
Pendahuluan
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan
misalnya :
Ü Apakah kamu pernah mengunjungi PRJ ?
Ü Sebutkan nama-nama pasar yang kamu ketahui ?
Ü Apakah di Indonesia ada bursa efek, jelaskan ?
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü Pengertian pasar.
Ü Manfaat pasar bagi masyarakat
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengidentifikasi
kegunaan pasar kongkret bagi kegiatan ekonomi masyarakat
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta
memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F
Guru memandu
siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk
mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang :
F
Macam-macam pasar
dan contoh-contohnya
F
Mempresentasikan
hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
Melakukan tes /
pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F
Memberikan tugas
induvidual agar siswa mencari data dari koran/majalah/media lainnya dan
mengelompokkan mana yang termasuk :
Ø pasar konkrit
Ø pasar abstrak
Ø pasar harian
Ø pasar tahunan
Ø pasar daerah
Ø pasar internasional
E. Sumber
Belajar
Ü Buku Pembelajaran IPS terpadu
Ü Koperasi/ kantin sekolah
Ü Pasar
Ü Koran
Ü Kegiatan di pasar bursa melalui tayangan di media
cetak/ elektronik
Ü Swalayan
Ü PKL
Ü Asongan
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendeskripsikan
pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi
masyarakat
Ü Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar
Ü Mengklasifikasi
macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing
Ü Mengidentifikasi ciri
-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya
Ü Mendemonstrasikan
/simulasi kegiatan jual beli di suatu pasar
|
Tes tulis
Tes Lisan
Penugasan
Tes tulis
Observasi
Tes tulis
|
Tes pilihan ganda
Lembar pertanyaan
Tes Uraian
Tes Uraian
Lembar observasi
Tes Lisan
Tes pilihan ganda
|
Ü Berikut ini yang bukan
fungsi pasar, adalah pasar sebagai sarana
..
a. distribusi
c. promosi
b. produksi
d. pembentuk harga
Ü Sebutkan 4 syarat terjadinya pasar
Ü Sebutkan macam-macam pasar menurut waktu pelaksanaannya
Ü Jelaskan ciri-ciri
pasar konkrit dan pasar abstrak
Ü Lakukan simulasi
kegiatan jual beli di pasar, bandingkan bagaimana harga barang
yang laku dan yang tidak laku ?
Ü Apakah perlunya pasar
bagi keluargamu ?
Ü Apa saja yang bisa kamu
saksikan/kamu lihat di pasar ?
Ü Apa tujuan para
pedagang berjualan di pasar ?
Ü Apakah nama pasar yang
terdekat dengan sekolah kita ?
Ü
Bisakah kantin sekolah disebut sebagai pasar ?
Ü Sebelum terjadinya
transaksi jual beli, biasanya penjual dan pembeli melakukan kegiatan .......
Ü Pasar yang hanya
menyediakan contoh barang yang diperdagangkan disebut pasar .........
Ü Pedagang yang membawa
dagangan seperti di bus-bus kota/di tempat tempat ramai disebut pedagang
...............
Ü Bagi produsen pasar
bisa dijadikan tempat memperkenalkan hasil produksi terutama
Ü produk-produk merk
baru, hal ini berarti pasar berfungsi .........................
Ü Menurut barang yang
diaperjualbelikan, pasar tradisional termasuk pasar .........................
Ü
Mana pengertian
pasar yang paling sesuai dengan ilmu ekonomi ....
a. tempat penjual dan
pembeli melakukan transaksi jual beli
b. kesepakatan yang
dibuat bersama antara penjual dan pembeli
c. bertemunya permintaan
dan penawaran atas barang yang diperdagangkan
d. tempat berkumpulnya
banyak orang untuk mendapatkan kebutuhan
Ü
Terjadinya pasar
harus memenuhi syarat-syarat berikut, kecuali ....
a. ada penjual dan
pembeli
b. terjadi transaksi jual
beli
c. ada barang yang
diperdagangkan
d. ada kegiatan tawar
menawar
Ü
Produsen bisa
menggunakan pasar untuk mengenalkan barang hasil produksi merek baru,sehingga
barang tersebut dikenal oleh masyarakat luas.Pernyataan tersebut menunjukkan
pasar berfungsi sebagai ....
a. sarana distribusi
b. sarana produksi
c. sarana promosi
d. pembentuk harga
Ü
Segala kebutuhan
sehari-hari bisa diperoleh dipasar, hal ini berarti sesuai dengan peranan
pasar bagi ....
a. pemerintah
b. produsen
c. sumber daya manusia
d. konsumen
Ü
Salah satu
pernyataan berikut bukan fungsi pasar,
yaitu sebagai sarana ....
a. distribusi
b. produksi
c. promosi
d. pembentuk harga
Ü
Pasar
tradisional termasuk kategori pasar ....
a. konkrit
b. abstrk
c. sumber daya
d. regional
Ü
Jika kita
membeliu sesuatu tidak perlu melakukan tawar
menawar dengan penjual, maka kita bisa ke pasar ....
a. tradisional
b. konkrit
c. swalayan
d. abstrak
Ü
Pasar barang
konsumsi menyediakan ....
a. bahan baku industri
b. alat keperluan kantor
c. barang kebutuhan
sehari-hari
d. surat-surat berharga
Ü
Salah satu
pasar tahunan yang ada di Indonesia antara
lain ....
a. PRJ di - dan sekatenan
di Yogyakarta
b. Pasar Klewer di Solo
dan Pasar Turi di Surabaya
c. Pasar Pagi Manggadua
dan Glodok di -
d. Pasar Swalayan dan
Hipermarket di Medan
Ü
Pasar yang
hanya menyediakan contoh komoditi dan
penjual sertapembelinyatidak perlu bertemu, merupakan ciri dari pasar ....
a. tradisional
b. konkrit
c. swalayan
d. abstrak
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
Komentar
Posting Komentar