IPS SPENSA CIREBON MERUPAKAN BLOG BAGI SIAPA SAJA YANG INGIN BERBAGI TENTANG IPS. BLOG INI DIKELOLA OLEH GURU SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON. SELAMAT BERBAGI ....

SMP NEGERI 1 CIREBON, JALAN SILIWANGI NO. 125 (0231) 202477 KOTA CIREBON

SMP NEGERI 1 CIREBON, JALAN SILIWANGI NO. 125 (0231) 202477 KOTA CIREBON

Minggu, 02 September 2012

RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1-Sejarah



(Sambungan dari RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Geografi)  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2.  memahami proses kebangkitan
Kompetensi Dasar    : 2.1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme
dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mendiskripsikan kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan
kolonial
• Mengidentifikasi perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
• Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama kristiani, Islam, dan agama lainnya di Indonesia pada masa kolonial

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat
kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
munculnya berbagai perlawanan

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tuhan menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling
mengenal dan menghargai. Oleh karena itu, kita sangat dilarang untuk saling
menindas dan menjajah. Penjajahan bertentangan dengan hak asasi manusia
sehingga harus dilawan.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi tentang kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Menunjuk salah satu siswa untuk menceritakan kronologis kedatangan bangsa barat ke Indonesia

Pertemuan 3
Materi :
- Munculnya berbagai perlawanan

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Mengajak siswa untuk menunjukan bantuk-bentuk perlawanan rakyat diberbagai
daerah.
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tanya jawab tentang bentuk-bentuk perlawanan rakyat di berbagai daerah

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi yang berkaitan dengan perlawanan di berbagai daerah terhadap kolonial barat
F  Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan mengamati gambar
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F  Memberikan tugas untuk mengidentifikasi perang Diponegoro



E. Sumber Belajar
• Buku Pembelajaran IPS terpadu
• Atlas sejarah
• Foto dan gambar
• Musium
• Masyarakat

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengidentifikasi  kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial

Ü Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah

Ü Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah

Ü Mengidentifikasi daerah –daerah persebaran agama Kristiani

Tes tulis





Tes tertlis




Tes tulis







Tes Tulis


Tes Uraian





Tes Uraian




Tes pilihan ganda






Tes Uraian
Ü Uraikan kebijakan yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels, Raffles, Sistem Tanam Paksa dan sistem Liberalisme

Ü Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan olh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial diberbagai daerah

Ü Penyebab perang Banjar ialah ....
a. perebutan kekuasaan di istana
b.Belanda campur tangan urusan istana
c. Belanda merebut pertambangan batubara
d.             Belanda menduduki Banjarmasin

Ü Sebutkan daerah-daerah yang dipengaruhi agama Kristiani






            1.  Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai



































*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai





















*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



(  Drs. TUSMAN, M.Pd  )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli  2011
Guru Mapel  IPS,



(  DARYO SUSMANTO, S.Sos.  )
NIP : 19741010 200604 1 026


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional
Kompetensi Dasar    : 2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional,
        identitas Indonesia , dan perkembangan pergerakan
      kebangsaan Indonesia
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan
perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
• Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia
• Melacak secara kronologis penggunaan istilah Indonesia sebagai identitas nasional
• Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
• Mendeskripsikan peran manifesto politik 1925, konggres pemuda 1928 dan konggres perempuan pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
• Merekonstruksi aktivitas organisasi-organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
Ü  munculnya pergerakan kebangsaan
Ü  peranan persuratkabaran bagi kesadaran nasional Indonesia
Ü  penguatan identitas kebangsaan Indonesia
Ü  perkembangan pergerakan kebangsaan
Ü  peran manifento politik, konggres pemuda, dan konggres perempuan dalam proses pembentukan identitas kebangsaan indonesia

C. Metode Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi         d. Tanya jawab
b. Diskusi                          e. Simulasi
c. Inquiri                           f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
Ü  munculnya pergerakan kebangsaan
Ü  peranan persuratkabaran bagi kesadaran nasional Indonesia
Ü  penguatan identitas kebangsaan Indonesia

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Pendidikan merupakan upaya untuk mengangkat derajat bangsa Indonesia dan
memberikan pelajaran tentang pentingnya persatuan dalam memperjuangkan sesuatu
apalagi nasib sebuah bangsa.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  guru meminta siswa untuk memperhatikan dan menjawab siapa saja pahlawan nasional
F  Siswa menyebutkan pahlawan nasional
F  Guru menjelaskan proses terbentuknya beberapa sekolah yang didirikan oleh pemerintah Belanda
F  Guru memninta siswa melihat surat kabar yang terbit pada jaman Belanda mellaui gambar
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa menyebutkan berbagai surat kabar yang terbit saat pendudukan Belanda
F  Guru menyimpulkan pendapat siswa
F  Guru membiarkan pertanyaan siswa dengan diskusi interaktif
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menunjuk salah satu siswa untuk menceritakan kronologis kedatangan bangsa barat ke Indonesia

Pertemuan 3  dan 4
Materi :
Ü  perkembangan pergerakan kebangsaan
Ü  peran manifento politik, konggres pemuda, dan konggres perempuan dalam proses
pembentukan identitas kebangsaan indonesia

Pendahuluan
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan tentang pergerakan yang bersifat kedaerahan
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü  Dapatkah kalian menyebutkan organisasi pergerakan nasional yang bersifat keagamaan?
Ü  - Ingatkah kalian dengan bunyi ikrar sumpah pemuda?

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
F  menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
 Buku Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia

Ü  Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia

Ü  Mendiskripsikan perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia

Ü  Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia


Tes tulis








Penugasan








Tes tulis




Portofolio



Tes pilihan ganda







Tugas proyek







Tes Uraian




Dokumen pekerjaan

Ü  Pengaruh pendidikan Barat terhadapbangsa Indonesia ialah....
a. melahirkan golongan terpelajar
b .melahirkan tokoh-tokoh politik
c. munculnya ahli ekonomi
d. munculnya golongan anti Belanda

Ü  Lakukan survei di lingkunganmu tentang peranan golongan terpelajar , profesional dan pers dalam pengembangan wilayah dan lingkunganmu kemudian membandingkan peranan yang sama pada masa pergerakan nasional dan buatlah laporan tertulis !

Ü  Uraikan perkembangan salah satu  organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan.

Ü  Kumpulkan gambar dari referensi , dari sumber-sumber yang relevan atau kunjungan musium atau monumen tentang Konggres Pemuda 1928,Konggres Perempuan Pertama dan buatlah rangkuman sebagai laporan








            1.  Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai



































*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai





















*) Norma Penilaian :

*) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal        : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                       : 75


 
                                                Jumlah                                     : 100
                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



(  Drs.TUSMAN, M.Pd  )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli  2011
Guru Mapel  IPS,



(  DARYO SUSMANTO, S.Sos.  )
NIP : 19741010 200604 1 026


Bersambung ke IPS-Sosiologi

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More