RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1-Sejarah
(Sambungan dari RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Geografi)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. memahami proses
kebangkitan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme
dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit (3 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
• Mendiskripsikan kedatangan bangsa barat
ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan
kolonial
• Mengidentifikasi perkembangan kebijakan
dan tindakan pemerintah kolonial
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan
rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
• Membaca dan membuat peta daerah-daerah
persebaran agama kristiani, Islam, dan agama lainnya di Indonesia pada masa
kolonial
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Proses perkembangan kolonialisme dan
imperialisme barat
kedatangan bangsa barat ke Indonesia
sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan tindakan
pemerintah kolonial
munculnya berbagai perlawanan
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi
:
kedatangan bangsa barat ke Indonesia
sampai terbentuknya kekuasaaan kolonial
perkembangan kebijakan dan tindakan
pemerintah kolonial
Pendahuluan
:
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam
mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tuhan menciptakan manusia bersuku-suku
dan berbangsa-bangsa agar saling
mengenal dan menghargai. Oleh karena itu, kita sangat
dilarang untuk saling
menindas dan menjajah. Penjajahan bertentangan dengan
hak asasi manusia
sehingga harus dilawan.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca referensi
tentang kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya kekuasaaan
kolonial
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Mendiskusikan
perkembangan kebijakan dan tindakan pemerintah kolonial
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
Menunjuk salah
satu siswa untuk menceritakan kronologis kedatangan bangsa barat ke Indonesia
Pertemuan 3
Materi
:
- Munculnya berbagai perlawanan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan
mengajukan pertanyaan misalnya :
- Mengajak siswa untuk menunjukan
bantuk-bentuk perlawanan rakyat diberbagai
daerah.
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Tanya jawab tentang bentuk-bentuk
perlawanan rakyat di berbagai daerah
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memandu
siswa untuk mengkaji referensi yang berkaitan dengan perlawanan di berbagai
daerah terhadap kolonial barat
F
Menelaah
bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai
daerah dengan mengamati gambar
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
Melakukan tes /
pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F
Memberikan tugas
untuk mengidentifikasi perang Diponegoro
E. Sumber
Belajar
• Buku Pembelajaran IPS terpadu
• Atlas sejarah
• Foto dan gambar
• Musium
• Masyarakat
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi
kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial
Ü Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di
berbagai daerah
Ü Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat
dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
Ü Mengidentifikasi daerah –daerah persebaran agama Kristiani
|
Tes tulis
Tes tertlis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Tes Uraian
|
Ü Uraikan kebijakan yang
dikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels, Raffles, Sistem Tanam Paksa dan sistem Liberalisme
Ü Jelaskan pengaruh yang
ditimbulkan olh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial
diberbagai daerah
Ü Penyebab perang Banjar ialah
....
a.
perebutan kekuasaan di istana
b.Belanda campur tangan urusan
istana
c.
Belanda merebut pertambangan batubara
d.
Belanda menduduki Banjarmasin
Ü Sebutkan daerah-daerah
yang dipengaruhi agama Kristiani
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional
Kompetensi Dasar : 2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional,
identitas
Indonesia , dan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
• Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan
kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan
perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya
nasionalisme Indonesia
• Mendiskripsikan peranan golongan
terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional
Indonesia
• Melacak secara kronologis penggunaan
istilah Indonesia sebagai identitas nasional
• Mendiskripsikan perkembangan pergerakan
nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya
nasionalisme Indonesia
• Mendeskripsikan peran manifesto politik
1925, konggres pemuda 1928 dan konggres perempuan pertama dalam proses
pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
• Merekonstruksi aktivitas
organisasi-organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Perkembangan pergerakan kebangsaan
Indonesia
Ü munculnya pergerakan kebangsaan
Ü peranan persuratkabaran bagi kesadaran nasional
Indonesia
Ü penguatan identitas kebangsaan Indonesia
Ü perkembangan pergerakan kebangsaan
Ü peran manifento politik, konggres pemuda, dan konggres
perempuan dalam proses pembentukan identitas kebangsaan indonesia
C. Metode
Pengajaran:
a. Ceramah bervariasi d.
Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri
f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
1 dan 2
Materi :
Perkembangan pergerakan kebangsaan
Indonesia
Ü munculnya pergerakan kebangsaan
Ü peranan persuratkabaran bagi kesadaran nasional
Indonesia
Ü penguatan identitas kebangsaan Indonesia
Pendahuluan
:
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam
mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Pendidikan merupakan upaya untuk
mengangkat derajat bangsa Indonesia dan
memberikan pelajaran tentang pentingnya
persatuan dalam memperjuangkan sesuatu
apalagi nasib sebuah bangsa.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
guru meminta siswa
untuk memperhatikan dan menjawab siapa saja pahlawan nasional
F
Siswa menyebutkan
pahlawan nasional
F
Guru menjelaskan
proses terbentuknya beberapa sekolah yang didirikan oleh pemerintah Belanda
F
Guru memninta
siswa melihat surat kabar yang terbit pada jaman Belanda mellaui gambar
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Siswa menyebutkan
berbagai surat kabar yang terbit saat pendudukan Belanda
F
Guru menyimpulkan
pendapat siswa
F
Guru membiarkan
pertanyaan siswa dengan diskusi interaktif
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Menunjuk salah
satu siswa untuk menceritakan kronologis kedatangan bangsa barat ke Indonesia
Pertemuan 3 dan 4
Materi :
Ü perkembangan pergerakan kebangsaan
Ü peran manifento politik, konggres pemuda, dan konggres
perempuan dalam proses
pembentukan identitas kebangsaan indonesia
Pendahuluan
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan
tentang pergerakan yang bersifat kedaerahan
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü Dapatkah kalian menyebutkan organisasi pergerakan
nasional yang bersifat keagamaan?
Ü - Ingatkah kalian dengan bunyi ikrar sumpah pemuda?
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca buku
referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik
,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
F
menelaah peran
manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menjelaskan pengaruh
perluasan kekuasaan kolonial ,
perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap
munculnya nasionalisme Indonesia
Ü Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam
menumbuh kembangkan kesadaran
nasional Indonesia
Ü Mendiskripsikan
perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik,
kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
Ü Mendiskripsikan peran
manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses
pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Portofolio
|
Tes
pilihan ganda
Tugas proyek
Tes Uraian
Dokumen pekerjaan
|
Ü Pengaruh pendidikan
Barat terhadapbangsa Indonesia ialah....
a. melahirkan golongan terpelajar
b .melahirkan tokoh-tokoh politik
c. munculnya ahli ekonomi
d. munculnya golongan anti Belanda
Ü Lakukan survei di lingkunganmu tentang peranan golongan terpelajar ,
profesional dan pers dalam pengembangan wilayah dan lingkunganmu kemudian
membandingkan peranan yang sama pada masa pergerakan nasional dan buatlah
laporan tertulis !
Ü Uraikan perkembangan
salah satu organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan.
Ü Kumpulkan gambar dari
referensi , dari sumber-sumber yang relevan atau kunjungan musium atau
monumen tentang Konggres Pemuda 1928,Konggres Perempuan Pertama dan buatlah
rangkuman sebagai laporan
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs.TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
Bersambung ke IPS-Sosiologi
|
Komentar
Posting Komentar