RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Sosiologi



(Sambungan dari RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1-Sejarah)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah       : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester    : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3.  Memahami masalah penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar       : 3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
(miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat  penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Alokasi Waktu       : 4 X 40 menit (2x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
  Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Ü  Mengidentifikasi faktor-faktor penyimpangan sosial
Ü  Memahami berbagai penyakit masyarakat akibat penyimpangan sosial
Ü  Memahami arti dan bahayanya HIV-AIDS

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


B. Materi Ajar
Penyakit sosial akibat penyimpangan sosial
Ü  penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
Ü  faktor-faktor penyimpangan sosial

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü  Penyakit sosial akibat penyimpangan sosial
Ü  penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
Ü  faktor-faktor penyimpangan sosial

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü  Guru menceritakan peristiwa-peristiwa sosial dilingkungan sekolah dan sekitarnya
Ü  Siswa diminta memberi contoh penyimpangan sosial yang ada disekitarnya

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menjelaskan proses terbentuknya beberapa sekolah yang didirikan oleh pemerintah Belanda
F  Guru memninta siswa melihat surat kabar yang terbit pada jaman Belanda mellaui gambar
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  siswa dibagi menjadi 5 kelompok
F  setiap siswa diberi tugas:
Ø  kelompok 1: mengidentifikasi penyimpangan sosial didalam keluarga
Ø  kelompok 2: mengidentifikasi penyimpangan sosial didalam masyarakat
Ø  kelompok 3: mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga
Ø  kelompok 4: mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam masyarakat
Ø  kelompok 5 : mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan sosial
F  setiap kelompok melaporkan hasil diskusi dan mempresentasikan didepan kelas
F  tanya jawab tentang pengertian sosial dan bentuk-bentuk penyimpangan sosial

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi tersebut
F  memberikan tugas yang berhubungan dengan materi di atas


E. Sumber Belajar
Ü  Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.
Ü  Buku Pembelajaran IPS terpadu






















F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Ü  Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

Tes tulis



Tes tulis




Tugas


Tes Uraian



Tes Uraian




Tugas rumah
Ü  Berikan 3 contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga!

Ü  Sebutkan 4 bentuk penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

Ü  Mencari contoh-contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli  2011
Guru Mapel  IPS,



(DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010 200604 1 026


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3.   Memahami masalah penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar    : 3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan
     penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Mengidentifikasi upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Ü  Mengidentifikasi sikap terhadap perilaku penyimpangan sosial

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Upaya pencegahan penyimpangan sosial
a. upaya pencegahan penyimpangan sosial
b. sikap terhadap pelaku penyimpangan sosial

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 s/d 3
Materi :
Upaya pencegahan penyimpangan sosial
b. upaya pencegahan penyimpangan sosial
b. sikap terhadap pelaku penyimpangan sosial

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü  Siswa diminta untuk saling memberikan contoh bentuk penyimpangan sosial dalam
Ü  keluarga yang ada di televisi/keluarga selebritis.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Tanya jawab tentang upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
F  Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan upaya pencegahannya
F  Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
F  menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Tanya jawab tentang sikap terhadap perilaku penyimpangan sosial
F  maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;





E. Sumber Belajar
Ü  Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.
Ü  Buku Pembelajaran IPS terpadu


F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Ü  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,

Ü  Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Penugasan




Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
Tugas rumah



Tes Uraian


Tes Uraian


 Tes pilihan ganda

Ü  Mengumpulkan informasi tentang akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Ü  Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial!

Ü  Sebutkan upaya-upaya untuk mencegah penyimpangan sosial!

Ü  Masalah perilaku menyimpang menjadi tanggungjawab.....
a. pemerintah
b. seluruh anggota masyarakat
c. keluarga yang bersangkutan
d. tokoh masyarakat

Ü   Tujuan kontrol sosial dalam upaya pencegahan penyimpangan sosial adalah....
a. mengendalikan perilaku individu
b. menekan pelaku penyimpangan
c. menghukum pelaku
d. memojokan pelaku


Ü  Kesadaran tentang masa depan merupakan salah satu bentuk kontrol sosial, yaitu....
a. kepercayaan
b. kasih sayang
c. tanggungjawab
d. partisipasi

Ü  Contoh berikut ini yang termasuk pranata kesehatan adalah.....
a. masjid
b. sekolah
c. rumahsakit
d. kepolisian



Ü  Orang dewasa yang pertama dan utama dalam proses sosialisasi adalah....
a. orang tua
b. guru
c. teman sebaya
d. tokoh masyarakat




                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon



(  Drs. TUSMAN, M.Pd  )
NIP : 19591119 198603 1 007

Cirebon, 18 Juli  2011
Guru Mapel  IPS,



(  DARYO SUSMANTO, S.Sos.  )
NIP : 19741010 200604 1 026

Bersambung ke IPS-Ekonomi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Kisi-Kisi ULUM I 2013-2014 (IPS IX)

Negara Maju dan Berkembang

RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Ekonomi