RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1 - Sosiologi
(Sambungan dari RPP IPS SMP Kelas 8 Semester 1-Sejarah)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami masalah penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
(miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam
keluarga dan masyarakat
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga
dan masyarakat.
Ü Mengidentifikasi faktor-faktor penyimpangan sosial
Ü Memahami berbagai penyakit masyarakat akibat
penyimpangan sosial
Ü Memahami arti dan bahayanya HIV-AIDS
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Penyakit sosial akibat penyimpangan sosial
Ü penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
Ü faktor-faktor penyimpangan sosial
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Ü Penyakit sosial akibat penyimpangan sosial
Ü penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
Ü faktor-faktor penyimpangan sosial
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü Guru menceritakan peristiwa-peristiwa sosial
dilingkungan sekolah dan sekitarnya
Ü Siswa diminta memberi contoh penyimpangan sosial yang
ada disekitarnya
Kegiatan Inti
:
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan
proses terbentuknya beberapa sekolah yang didirikan oleh pemerintah Belanda
F
Guru memninta
siswa melihat surat kabar yang terbit pada jaman Belanda mellaui gambar
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
siswa dibagi
menjadi 5 kelompok
F
setiap siswa
diberi tugas:
Ø kelompok 1: mengidentifikasi penyimpangan sosial
didalam keluarga
Ø kelompok 2: mengidentifikasi penyimpangan sosial
didalam masyarakat
Ø kelompok 3: mengidentifikasi bentuk-bentuk
penyimpangan sosial dalam keluarga
Ø kelompok 4: mengidentifikasi bentuk-bentuk
penyimpangan sosial dalam masyarakat
Ø kelompok 5 : mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi terjadinya penyimpangan sosial
F
setiap kelompok
melaporkan hasil diskusi dan mempresentasikan didepan kelas
F
tanya jawab
tentang pengertian sosial dan bentuk-bentuk penyimpangan sosial
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta
membuat rangkuman mengenai materi tersebut
F
memberikan tugas
yang berhubungan dengan materi di atas
E. Sumber
Belajar
Ü Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.
Ü Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Ü Mengidentifikasi
bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Ü Memberi contoh penyimpangan sosial
yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tugas
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Ü Berikan 3 contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga!
Ü Sebutkan 4 bentuk penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan
masyarakat.
Ü Mencari contoh-contoh penyimpangan sosial yang terjadi
dalam keluarga dan masyarakat.
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs.
TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
(DARYO
SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami masalah
penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü Mengidentifikasi upaya pencegahan penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat.
Ü Mengidentifikasi sikap terhadap perilaku penyimpangan
sosial
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Upaya pencegahan penyimpangan sosial
a. upaya pencegahan penyimpangan sosial
b. sikap terhadap pelaku penyimpangan sosial
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 s/d 3
Materi :
Upaya pencegahan penyimpangan sosial
b. upaya pencegahan penyimpangan sosial
b. sikap terhadap pelaku penyimpangan sosial
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam
mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Ü Siswa diminta untuk saling memberikan contoh bentuk
penyimpangan sosial dalam
Ü keluarga yang ada di televisi/keluarga selebritis.
Kegiatan Inti
:
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Tanya jawab
tentang upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
F
Siswa diminta
memberikan contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan upaya pencegahannya
F
Membaca buku
referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik
,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
F
menelaah peran
manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
Tanya jawab
tentang sikap terhadap perilaku penyimpangan sosial
F
maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
Ü Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.
Ü Buku Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Ü Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,
Ü Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam
keluarga dan masyarakat.
|
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tugas
rumah
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes pilihan ganda
|
Ü Mengumpulkan informasi
tentang akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Ü Jelaskan faktor-faktor
penyebab terjadinya penyimpangan sosial!
Ü Sebutkan upaya-upaya untuk mencegah penyimpangan sosial!
Ü
Masalah perilaku
menyimpang menjadi tanggungjawab.....
a. pemerintah
b. seluruh anggota masyarakat
c. keluarga yang bersangkutan
d. tokoh masyarakat
Ü
Tujuan kontrol
sosial dalam upaya pencegahan penyimpangan sosial
adalah....
a. mengendalikan perilaku
individu
b. menekan pelaku
penyimpangan
c. menghukum pelaku
d. memojokan pelaku
Ü
Kesadaran tentang
masa depan merupakan salah satu bentuk kontrol sosial, yaitu....
a. kepercayaan
b. kasih sayang
c. tanggungjawab
d. partisipasi
Ü
Contoh berikut
ini yang termasuk pranata kesehatan
adalah.....
a. masjid
b. sekolah
c. rumahsakit
d. kepolisian
Ü
Orang dewasa
yang pertama dan utama dalam proses
sosialisasi adalah....
a. orang tua
b. guru
c. teman sebaya
d. tokoh masyarakat
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cirebon
( Drs. TUSMAN, M.Pd )
NIP : 19591119
198603 1 007
|
|
Cirebon, 18 Juli 2011
Guru Mapel IPS,
( DARYO SUSMANTO, S.Sos. )
NIP : 19741010
200604 1 026
Bersambung ke IPS-Ekonomi
|
Komentar
Posting Komentar