KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR IPS - KURIKULUM 2013
KURIKULUM 2013
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS )
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH
(MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya
1.2
Menghargai ajaran agama dalam berfikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Meniru
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa hindu Buddha dan Islam
dalam kehidupannya sekarang
2.2
Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan social, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan
teman sebaya
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.2
Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan
masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3
Memahami jenis-jenis
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4
Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
|
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara,
masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2
Menghasilkan
gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3
Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2
Menghayati
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan
kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2
Berperilaku
jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan
dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan
perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
3.2
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
3.3
Mendiskripsikan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan fikiran masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan
sekitarnya
4.2
Menggunakan
berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3
Menyajikan
hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayatiajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2
Mensyukuri
adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan
manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3
Mensykuri
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan
terhadaplembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Memiliki rasa tanggungjawab, peduli,
percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan
fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menerapkan
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan
wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2
Menelaah
perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan
awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
dalam wawasan kebangsaan
3.3
Membandingkan
manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa
dan bernegara
3.4
Membandingkan
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalardalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
hasil olahan telaah tentanghasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat
Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan sampai sekarang dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya dan politik dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
4.2
Merumuskan
alternatif tindakan nyata dalam
mengatasi masalah yang kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
4.3
Merumuskan
alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya
sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi sebagai akibat adanya dinamika interaksi manusia dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Komentar
Posting Komentar